Undang Artis hingga Musisi ke Istana, Jokowi Janjikan Dana Abadi Pekerja Seni

PERISTIWA | 17 Juli 2019 21:32 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang sejumlah para artis, penyanyi, hingga presenter ke Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu (17/7). Pertemuan yang digelar secara tertutup itu berlangsung selama dua jam.

Yovie Widianto, salah satu musisi yang hadir dalam pertemuan itu, mengatakan Jokowi menjanjikan dana abadi untuk membantu mengembangkan seni budaya Indonesia.

"Jadi kalau itu kan baru akan dimulai tahun depan bahwa akan ada dana abadi yang memang oleh bapak presiden disisihkan. Memang belum terlalu detail sih sebenarnya, umum. Sangat umum," ujar Yovie usai pertemuan.

Dia enggan menyebutkan secara spesifik besaran dana abadi yang dijanjikan oleh Jokowi. Namun, kata dia, jumlah uang yang akan digelontorkan hampir triliunan.

"Cukup besar tadi kata presiden dan kelihatan masih ke pendidikan tapi ke depan akan ada kebudayaan. Jadi seperti apa yang penting ini adalah sebuah suatu untuk suatu pemerintahan ada niat seperti ini harus kita sambut baik karena ini pasti akan membuat semangat para insan kreatif. (Besaran) T (Triliun)," ucap dia.

Sementara itu, presenter sekaligus caleg DPR RI Farhan menyambut baik janji Jokowi yang memberikan dana abadi. Kendati begitu, dia mengaku belum mengetahui secara detail mekanisme dana abadi tersebut.

"Dana abadi ini kan dananya lumayan besar tujuannya untuk lembaga pendidikan itu pesan pak presiden tapi memang mekanismenya belum jelas. Karena bagaimanapun juga niat baik harus diikuti dengan cara baik dengan cara pengelolaan keuangan negara yang akuntabel dan bisa dipertanggungjawabkan," jelasnya.

"Jadi kita semua tidak hanya mengharapkan gol di akhir di mana kita akan bisa mengharapkan para pekerja seni punya karya terbaik kelas dunia tetapi juga kita punya dasar pengelolaan yang baik," sambung Farhan.

Farhan juga enggan mengungkapkan besaran dana abadi tersebut. Yang jelas, lanjut dia, dana abadi yang dijanjikan Jokowi jumlahnya besar.

"Saya enggak berani ngomong. Gede, iya (total jumlah dana abadi) cuman kata presiden jangan bilang-bilang," katanya.

Selain Yovie Widianto dan Farhan, sejumlah artis yang diundang antara lain, Rian D'Masiv, Oppie Andaresta, Regina Ivanova, Charles Bonar Sirait, Kamasean, Marcel Siahaan, Sherina Munaf, Mona Ratuliu, Ersa Mayori, hingga Chacha Frederica.

Reporter: Lizsa Egeham

Baca juga:
Presiden Jokowi Disarankan Gabungkan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan
Catatan ICW: Lima Tahun Pemerintahan Jokowi Isu Hukum dan HAM Masih Jadi Anak Tiri
Erick Tohir Sebut Jokowi Tidak Akan Libatkan TKN Dalam Pembahasan Kabinet
Jokowi dan Prabowo Akan Bertemu Kembali Sebelum Pelantikan 20 Oktober
Istana Pastikan Draf Susunan Menteri Jokowi Hasil Rapat di Sentul Hoaks

(mdk/ray)