Underpass Kentungan Yogya Ambles, DPRD Sebut Petugas Proyek Lalai

PERISTIWA | 25 Juli 2019 20:26 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Komisi C DPRD DIY melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke proyek pembangunan underpass Kentungan, Kamis (25/7). Sidak dilakukan usai amblesnya jalan di area proyek.

Anggota Komisi C DPRD DIY Anton Prabu Semendawai menyebut ada dugaan kelalaian pengerjaan proyek, sehingga menyebabkan kendaraan yang melintas di jalan tersebut terperosok.

"Berdasarkan yang disampaikan (dari pelaksana proyek), ya ada sedikitlah (dugaan kelalaian). Karena yang jaga (pengatur arus lalulintas) cuma dua orang," ucap Anton.

Anton menuturkan sejak awal proyek dimulai, kendaraan besar memang dilarang melintas di sekitaran proyek. Namun karena ada dugaan ketidaktegasan penjaga proyek, sehingga ada truk bermuatan berat bisa melintas.

"Awal-awal truk-truk bertonase besar disuruh putar balik. Disuruh lewat Ringroad Selatan. Tapi setelah Lebaran kemarin, sampai numpuk seperti kemarin. Seharusnya (petugas) yang di ujung sana menyetop. (truk) Enggak boleh melintas," tegas Anton.

Sedangkan menurut Sekretaris Komisi C DPRD DIY, Gimmy Rusdin amblasnya jalan karena tidak kuat menahan beban. Terlebih jalan yang dilewati dalam kondisi macet dan kendaraan berhenti cukup lama.

Gimmy menuturkan pihak penggarap proyek seharusnya mempondasi tebing jalan terlebih dahulu. Sehingga tanah dan jalan kuat untuk dilintasi kendaraan.

"Menurut orang pintar, harusnya difondasi dulu. Dikasih talud. Mungkin pelaksana merasa sudah kuat. Tapi ternyata enggak kuat. (Truk) miring-miring, terus jatuh," papar Gimmy.

Gimmy menambahkan pelaksana proyek harus tegas melarang kendaraan berukuran besar dan berat melintas. Gimmy juga meminta agar pelaksana proyek bekerja sama dengan pihak terkait melakukan rekayasa lampu pengatur jalan. Rekayasa ini agar kendaraan tidak terlalu lama berhenti sehingga tidak membebani jalan.

"Tadi sudah ada kesepakatan, agar masyarakat di sekitar proyek diperhatikan. Aturan yang boleh lewat supaya tegas," tutup Gimmy. (mdk/cob)

Baca juga:
Jalan Underpass Kentungan Ambles Diduga karena Dilintasi Kendaraan Berat
Jalan Raya Sawangan Ambles
2 Bulan Mandek, Berkas Kasus Jalan Gubeng Ambles Diserahkan ke Kejati Jatim
Jembatan Pematang Panggang Ambles, Lalu Lintas Lampung-Sumsel Terputus
Jembatan Pematang Panggang Putus, Jalan Lintas Timur Ditutup Selama 2 Pekan

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.