Unila Akui Tawaran Bantuan Hukum Ditolak 17 Tersangka Kematian Peserta Diksar

PERISTIWA | 9 Oktober 2019 20:39 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - 17 panitia pendidikan dasar (Diksar) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Cakrawala ditetapkan sebagai tersangka kematian mahasiswa Universitas Lampung (Unila) Aga Trias Tahta. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unila Syarief Makhya menuturkan pihak kampus sudah mencoba menawarkan pendampingan hukum kepada mereka, namun ditolak dan mereka memilih pendampingan dari luar.

"Bantuan hukum adalah langkah awal dari Unila kepada mereka, bahkan kami berikan kontak personalnya," kata Syarief, Rabu (9/10). Dikutip dari Antara.

Menurut dia, sampai saat ini mereka masih berstatus mahasiswa FISIP Unila, meskipun sudah ditetapkan tersangka oleh Kepolisian karena keputusannya belum inkracht (berkekuatan hukum tetap).

Ia mengatakan bahwa pihaknya tetap akan kooperatif dalam proses hukum ini, dan sambil menunggu kampus tetap memberikan hak-hak mereka sebagai mahasiswa FISIP Unila.

"Mereka masih menjalani kuliah di FISIP sembari menunggu perkembangannya dari pihak berwajib," ujarnya pula.

Syarief menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mengatakan akan mengeluarkan mahasiswa yang sudah jadi tersangka, sebab untuk memutuskan itu kampus memiliki regulasi dan peraturan akademik yang harus disesuaikan.

Dia mengatakan bahwa apabila keputusan dari kepolisian sudah berkekuatan hukum tetap, sanksi akademik yang terberat akan diterima mereka adalah dikeluarkan.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad saat dihubungi membenarkan bahwa ada 17 orang mahasiswa yang sudah ditetapkan menjadi tersangka terkait meninggalnya satu orang mahasiswa FISIP Unila saat mengikuti diksar UKM Cakrawala.

"Ya ada 17 orang ditetapkan jadi tersangka dan akan dilakukan proses selanjutnya," kata Zahwani.

Baca juga:
17 Panitia Diksar Jadi Tersangka Tewasnya Mahasiswa Universitas Lampung
Perempuan Tewas Tanpa Busana di Karawang Bekerja Sebagai SPG Rokok
Hendak Bersihkan Kali Ciliwung, Petugas Kebersihan Temukan Mayat Bayi
Wanita Muda Tanpa Busana Ditemukan Tewas di Kamar Hotel di Karawang
Diduga jadi Korban Pembunuhan, Warga Kalideres Ditemukan Tewas di Depok

(mdk/cob)