UNS Anungerahi Wapres Ma'ruf Amin Penghargaan Tertinggi Bidang Ekonomi Syariah

UNS Anungerahi Wapres Ma'ruf Amin Penghargaan Tertinggi Bidang Ekonomi Syariah
PERISTIWA | 18 Februari 2020 20:03 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin akan mendapatkan penghargaan UNS Award dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Penghargaan tertinggi Parasamya Anugraha Dharma Krida Baraya tersebut akan diberikan saat puncak perayaan Dies Natalis ke-44 UNS, 11 Maret 2020 mendatang di Auditorium GPH Haryo Mataram kampus setempat.

Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho mengatakan, pemberian penghargaan tersebut dengan pertimbangan Ma'ruf adalah seorang tokoh yang disebut sebagai bapak ekonomi syariah Indonesia. Selain itu, Ma'ruf juga dinilai telah memperlihatkan aksi nyata dalam menggerakkan ekonomi syariah.

"Selain memberikan penghargaan kepada Wapres, kami juga akan memberikan anugerah seni kepada maestro keroncong asal Solo, Waldjinah," ujar Jamal, Selasa (18/2).

Menurut dia, pada sidang senat juga akan disampaikan orasi ilmiah oleh Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro. Selain itu, juga dihadiri perwakilan perguruan tinggi baik dari dalam dan luar negeri.

1 dari 2 halaman

Rektor dari dalam negeri yang hadir antara lain yaitu Prof. Ari Kuncoro dari Universitas Indonesia, Prof. Panut dari UGM, Prof. Runtung Sitepu dari USU, Prof. Nur Hasan dari Universitas Negeri Surabaya, Prof. Ganepri dari UNP Padang, dan Prof. Mas Jaya dari Universitas Mulawarman.

"Untuk tamu dari luar negeri yang akan hadir antara lain dari Perancis, Jepang, Timor Leste dan Malaysia. Mereka sudah menyatakan kehadirannya dalam Dies Natalis ke-44 UNS," katanya.

Terkait kedatangan sejumlah tamu dari luar negeri tersebut, UNS juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Hal itu dilakukan karena wabah virus Corona.

"Menkes support dan mengapresiasi kegiatan UNS ini. Kami sudah diskusi dengan Menkes terkait situasi ini supaya lebih baik," terangnya.

Dia berharap tidak akan ada masalah. Jamal mengaku sebelum wabah Corona merebak di China, Rektor dan jajaran rektorat Xihua University juga berencana datang. Bahkan mereka akan membawa delapan penari untuk mengisi acara Dies Natalis. Tapi karena ada musibah ini, maka Xihua University sudah mengirim surat bahwa tidak akan hadir.

2 dari 2 halaman

Ketua Panitia Dies Natalis ke-44 UNS, Prof I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani menambahkan, dalam Dies Natalis ke-44 bertema 'Akselerasi Reorientasi Pembelajaran 4.0 Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa' itu juga akan diberikan penghargaan kepada 64 orang doktor baru serta 12 alumni berprestasi dari masing-masing fakultas.

"Saat puncak peringatan, civitas akademika UNS yang hadir di Auditorium UNS akan mengenakan busana adat nusantara," tandasnya.

UNS juga melaksanakan kegiatan UNS Mengajar Indonesia dengan menerjunkan dosen, mahasiswa dan alumni. Kegiatan itu melibatkan 1.600 dosen, 1.700 mahasiswa UNS yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) serta alumni. (mdk/ray)

Baca juga:
Istana Soal Kinerja Jokowi & Ma'ruf Selisih 20%: Super Team Dibangun Bukan Super Man
Kepuasan Publik Rendah, Ma'ruf Amin Dinilai Kurang Tampil Dibanding Menteri
Rapat di Rumah Dinas, Ma'ruf Amin Bahas Lahan Tambang Ilegal
Wapres Ma'ruf Amin Harap Pameran Artefak Islam Dongkrak Wisata Halal di Banten
Survei: 70,1% Publik Puas Kinerja Jokowi, Ma'ruf Amin Tak Sampai 50%

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami