Update 19 September: Bertambah 74 Pasien Positif Covid-19, Total 2.111 Kasus di DIY

Update 19 September: Bertambah 74 Pasien Positif Covid-19, Total 2.111 Kasus di DIY
PERISTIWA | 19 September 2020 19:39 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Penambahan jumlah pasien positif Corona di DIY pada Sabtu (19/9) memecahkan rekor. Tercatat terjadi penambahan 74 pasien positif Corona di DIY.

Rekor penambahan pasien positif Corona di DIY sebelumnya tercatat pada 1 Agustus 2020 yang lalu. Saat itu penambahan jumlah pasien positif Corona di DIY ada 67 kasus.

"Hasil pemeriksaan laboratorium dan terkonfirmasi positif pada hari ini tanggal 19 September 2020 terdapat tambahan 74 kasus positif. (Ini) paling tinggi, terakhir kita secara harian tertinggi 67 kasus," kata Juru Bicara Pemda DI Yogyakarta untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih.

Dia merinci jika dari 74 pasien ini 45 orang diantaranya adalah kontak erat dari pasien sebelumnya. Berty menerangkan temuan ini didapatkan dari proses tracing.

"Hasil tracing kontak yang mendominasi ini memang karena kasus kita beberapa waktu lalu kan meningkat. Sehingga tracing juga akan banyak, dan di DIY setiap kategori kontak erat maka akan kita lakukan test PCR tidak hanya isolasi. Meskipun di pedoman revisi 5 menyatakan KE (kontak erat) untuk isolasi 14 hari," ungkapnya.

"Laporan kasus sembuh hari ini mencapai 20 kasus. Mereka berasal dari Kota Yogyakarta 12 kasus, Kabupaten Kulon Progo 4 kasus, Kabupaten Gunungkidul 2 kasus, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman masing-masing 1 kasus," sambung Berty.

Dia mengungkapkan, adanya penambahan 74 pasien ini membuat jumlah pasien positif Corona di DIY menjadi 2.111 kasus. Dari jumlah itu 1.491 pasien dinyatakan sembuh dan 54 orang dilaporkan meninggal dunia. (mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami