Update Terkini Kasus Brigadir J: Ada Tersangka Baru, Istri Irjen Ferdy Sambo Muncul

Update Terkini Kasus Brigadir J: Ada Tersangka Baru, Istri Irjen Ferdy Sambo Muncul
istri irjen ferdy sambo PC. ©2022 Merdeka.com/nur fauziah
NEWS | 8 Agustus 2022 04:31 Reporter : Lydia Fransisca

Merdeka.com - Kasus kematian Brigadir J mulai menemukan titik terang. Keterlibatan sang bos, Irjen Ferdy Sambo kian kentara. Kini Irjen Ferdy Sambo harus diasingkan. Ditahan di tempat khusus, Mako Brimob, Kepala Dua, Depok sejak Sabtu (6/8) sore.

Irjen Sambo dinilai tidak profesional dalam penanganan olah TKP kematian Brigadir J. Di rumah dinasnya, Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat (8/7) lalu.

Polri belum membeberkan detil peran Irjen Sambo. Jenderal bintang dua itu hanya baru dijerat tak profesional secara etik. Belum masuk ke ranah pidana yang masih diselidiki hingga kini.

Meski ditempatkan khusus di Mako Brimob, Irjen Ferdy Sambo masih berstatus terperiksa. Adapun pemeriksaan ini dilakukan oleh Tim Irsus atau Inspektorat Khusus Polri.

"Hasil kegiatan pemeriksaan tim gabungan timsus pemeriksaan khusus terhadap perbuatan Irjen FS diduga melakukan pelanggaran prosedur dalam penanganan tindak pidana meninggalnya Brigadir J di rumah Dinas Kadiv Propam Polri," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

2 dari 4 halaman

Bharada E Ubah BAP

Sementara itu, dari pihak Bharada E. Kuasa hukumnya, Andreas Nahot Silitonga menyatakan mengundurkan diri. Terhitung, Sabtu (6/8).

Andreas enggan mengungkapkan alasan di balik pengunduran dirinya tersebut. Namun, pengacara baru Bharada E, Muhammad Boerhanuddin mengatakan, Andreas mundur karena keterangan Bharada E yang tidak konsisten.

"Di suratnya (alasan pengunduran) karena tidak ada kecocokan terkait pemberian informasinya gitu. Berubah-ubah. Ini di surat pengunduran diri alasannya yang diajukan pengacara lama (Andreas)," kata Boerhanuddin saat dihubungi, Minggu (7/8).

Dalam pemeriksaan lanjutan, Bharada E merevisi seluruh keterangan awal yang diberikan dan mengungkap seluruh pihak yang terlibat pembunuhan Brigadir J. Namun, nama-nama tersebut belum dapat diungkap ke publik dengan alasan kepentingan penyidikan.

"Yang penting sudah terang-benderang sih dari semalam gitu, dengan adanya pengakuan dari Bharada E," kata salah satu pengacara Bharada E.

Dia juga mengajukan justice collaborator ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dan mengaku diminta untuk membunuh Brigadir J. Sebagai informasi, justice collaborator (JC) adalah pelaku yang memilih bekerja sama dengan aparat penegak hukum untuk membongkar kasus tindak pidana.

3 dari 4 halaman

Istri Irjen Sambo Muncul

Istri Irjen Ferdy Sambo, PC akhirnya muncul di hadapan publik. Dia memohon doa agar mampu melewati segala cobaan yang tengah dihadapi keluarganya.

Ia berada di Mako Brimob untuk menjenguk sang suami. Namun, kunjungan tersebut ditolak oleh pihak berwenang. Padahal, istri Irjen Sambo hanya ingin memberikan pakaian ganti untuk Irjen Sambo.

"Saya bersama anak-anak, saya mempercayai dan tulus mencintai suami saya," kata dia di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Minggu (7/8).

Dia mengaku ikhlas atas apa yang terjadi terhadap keluarganya saat ini. Dia juga memohon doa agar keluarganya kuat menghadapi cobaan tersebut.

4 dari 4 halaman

Tersangka Baru

Selain Bharada E, Bareskrim Polri telah menetapkan Brigadir Ricky Rizal atau Brigadir RR, ajudan istri Irjen Ferdy Sambo, sebagai tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Dia langsung ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri.

"Namanya sudah ditahan, pasti sudah tersangka," kata Ketua Tim Penyidik Timsus Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi saat dikonfirmasi di Bareskrim Polri, Minggu (7/8).

Brigadir RR disangkakan dengan Pasal 340 KUHP karena diduga melakukan pembunuhan berencana.

Dengan ditangkapnya Bharada E dan Brigadir RR, masih ada tersangka lain yang diduga terlibat dalam kasus ini.

"Diduga akan ada tersangka lain dengan adanya sangkaan Pasal 55 terhadap E. Mohon publik bersabar," kata Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti.

Baca juga:
Menanti Nyanyian Bharada E, Sang Whistle Blower
Beda dengan Bharada E, Ini Pasal yang Menjerat Ajudan Istri Ferdy Sambo
Pengacara: Bharada E Mengaku Diperintah Atasan untuk Bunuh Brigadir J
Istri Irjen Ferdy Sambo: Saya Tulus Mencintai Suami Saya
Bharada E Ditahan di Bareskrim, Pengacara Sebut Harus Dipisah dari Irjen Ferdy Sambo

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini