Usai Baku Tembak, Anggota KKB yang Tembak PT Freeport Ditangkap

Usai Baku Tembak, Anggota KKB yang Tembak PT Freeport Ditangkap
TNI-Polri Tangkap Anggota KKB yang Tembak Karyawan PT Freeport. ©2020 Merdeka.com/Nur Habibie
PERISTIWA | 10 April 2020 16:08 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Polri bersama TNI menindak tegas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang melakukan penembakan terhadap karyawan PT Freeport pada 30 Maret 2020 hingga mengakibatkan satu orang tewas. Penangkapan ini terjadi pada Kamis (9/4) sekitar pukul 05.30 WIT di Jalan Trans Nabire, Kampung Jayanti Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, penangkapan tersebut berawal saat para penyuplai bahan pokok ke KKB lebih dulu ditangkap pada Selasa (7/4) kemarin sekitar pukul 14.44 WIT.

"Telah diamankan 6 orang yang diduga akan menyuplai bahan pokok ke KKB, setelah dilakukan penyelidikan aparat gabungan berhasil menemukan tempat persembunyian kelompok tersebut," kata Kamal dalam keterangannya, Jumat (10/4).

Saat menemukan tempat persembunyian tersebut, terjadinya kontak senjata antara petugas dengan KKB. Dari kontak senjata tersebut, dua orang anggota KKB meninggal dunia.

"Dari kontak tembak tersebut 2 orang anggota KKB meninggal dunia dan 1 orang berinisial IS berhasil diamankan dan saat ini berada di Mapolres Mimika untuk proses hukum lebih lanjut," jelasnya.

"Mereka merupakan anggota KKB yang melakukan penembakan terhadap WNA asal New Zealand di Kantor OB 1 Kompleks PT Freeport Indonesia pada tanggal 30 Maret lalu," sambungnya.

Baca Selanjutnya: Sudah Kondusif...

Halaman

(mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami