Usai Dilanda Hujan Angin, Tiga Rumah Tertimbun Longsor di Gayo Lues

PERISTIWA | 18 November 2019 12:44 Reporter : Afif

Merdeka.com - Hujan lebat disertai angin kencang mengakibatkan tiga rumah tertimbun longsor di Gampong Item Beriring, Kecamatan Teripe Jaya, Gayo Lues. Peristiwa itu terjadi Minggu (17/11) mengakibatkan 3 Kepala Keluarga (KK) harus kehilangan tempat tinggal.

Mereka sekarang harus mengungsi ke rumah tetangga, karena rumah tidak bisa ditempati.

"Tiga rumah tertimbun longsor setelah intensitas hujan dan angin kencang landa Gayo Lues," kata Staf Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Henny Nurmayani di Banda Aceh, Senin (18/11).

Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBS) Kabupaten Gayo Lues sudah mengirimkan bantuan. Baik itu bantuan tanggap darurat maupun tenda untuk hunian sementara keluarga tersebut.

1 dari 1 halaman

Banjir di Dua Kecamatan

Sementara itu di Kabupaten Nagan Raya juga terjadi banjir luapan terjadi sejak Minggu di dua kecamatan. Kecamatan Tripa Makmur berdampak 10 gampong yaitu Panten Pange, Ujong Krueng, Mon Dua, Neubok Yee PP, Neubok Yee Ok, Pasi Keube Dom, Lueng Keube Jagat, Kabu, Drien Tujoh dan Babah Lueng.

Sedangkan Kecamatan Darul Makmur berdampak luapan banjir usai hujan lebat adalah Gampong Ujong Lami, Kutatrieng dan Kuala semayam. Kendari demikian tidak ada korban jiwa maupun pengungsi.

Kata Henny, luapan banjir itu akibat intensitas hujan terjadi sepekan ini hingga sungai Krueng Lamie dan Krueng Tripa meluap. Luapan air sungai itu telah merembes ke badan jalan dengan ketinggian 20 s,d 50 centimeter. sedangkan di pekarangan perumahan warga mencapai 1 meter.

"BPBD Nagan Raya terus melakukan pemantauan kondisi banjir luapan Krueng Lamie dan Krueng Tripa. Begitu juga siaga bila harus evakuasi warga," tukasnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Polisi Duga Ada Kelalaian Kerja Hingga Proyek Double Track Bogor-Sukabumi Longsor
Lima Pekerja Tertimbun Longsor Proyek Double Track Bogor-Sukabumi, 2 Tewas
Pekerja Tambang Tanah Clay di Kuranji Padang Tertimbun Material Tanah
Hujan Lebat, Jalan di Gayo Lues Aceh Tertimbun Longsor
10 Wilayah di Jakarta Berpotensi Mengalami Pergerakan Tanah

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.