Usai Gempa Lombok, Wisatawan Mancanegara Menuju Senaru Berkurang

PERISTIWA | 4 Februari 2019 05:01 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Warga Senaru di kaki Gunung Rinjani, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Hamzah mengeluhkan sepinya pengunjung mancanegara saat ini. Menurunnya wisatawan ini terjadi usai gempa yang mengguncang Pulau Lombok.

"Saat ini wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Senaru sangat minim," katanya seperti dilansir dari Antara, Minggu (3/2).

Selain gempa, dia mengungkapkan, kurangnya wisatawan juga terjadi karena ditutupnya pendakian menuju Gunung Rinjani, Lombok Timur. Penutupan jalur pendakian ini untuk mengantisipasi terjadinya longsor akibat musim hujan.

"Sehingga pengunjung semakin menurun drastis," ujarnya.

Hamzah berharap agar pemerintah bisa membantu mendatangkan kembali wisatawan mancanegara agar menaikkan kembali pendapatan mereka.

Sementara itu, pemilik penginapan di Senaru, Sumardi mengatakan, penurunan wisatawan mancanegara berdampak pula pada jasa penginapan. Saat ini sebagian besar penginapan benar-benar sepi.

"Biasanya banyak turis dari Eropa, akan tetapi yang tersisa tinggal turis China, itupun hanya satu dua yang datang," ungkapnya.

Dia berharap banyak kepada pemerintah untuk mempublikasikan kembali pariwisata di Senaru, sehingga kondisinya akan kembali seperti sedia kala.

Baca juga:
1.500 Tentara Digerakkan Percepat Rekonstruksi Rumah di NTB
Menteri PUPR Tunggu Gubernur Sulawesi Tengah Beri Peta Zona Rawan Bencana Palu
Suzuki Berikan Servis Gratis 328 Mobil di Lombok dan Sekitarnya
Polisi Temukan Ladang Ganja yang Tumbuh Subur di Lokasi Terdampak Gempa Lombok
Gebrakan Letjen TNI Doni Monardo Setelah Menjabat Kepala BNPB
Gubenur NTB Temui Wapres JK Lapor Perkembangan Rehabilitasi Pascabencana

(mdk/fik)