Usai Periksa Ade Armando, Polisi akan Gelar Perkara Kasus Joker Anies Baswedan

PERISTIWA | 9 Desember 2019 17:15 Reporter : Tri Yuniwati Lestari

Merdeka.com - Akademisi Universitas Indonesia, Ade Armando telah diperiksa oleh kepolisian terkait dengan kasus unggahan di media sosialnya yang dianggap melecehkan Gubernur Jakarta Anies Baswedan.

"Pemeriksaan Ade Armando sudah dilakukan termasuk saksi-saksi, dua orang saksi dan satu orang pelaku," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (9/12).

Ade Armando dikenakan Pasal 32 Ayat 1 Jo Pasal 48 ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Saat ini, Yusri mengatakan, kepolisian tengah menyelidiki unsur-unsur di pasal yang dikenakan pada Ade Armando. Setelah nantinya gelar perkara selesai, polisi akan menghadirkan saksi ahli terkait dengan kasus tersebut.

"Kita gelarkan dulu semuanya unsur-unsurnya masih kita selidiki masuk nanti pasal 32 uu ITE itu nanti setelah itu baru berkembang, kita akan panggil nanti saksi-saksi ahli. Ahli di bidang bahasa, ahli di bidang cyber," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Ade Armado Dilaporkan

Sebelumnya, pada 1 November 2019 Fahira Idris melaporkan Ade Armando ke Polda Metro Jaya. Ade dilaporkan karena mengunggah foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan wajah diedit menjadi tokoh Joker di akun Facebooknya.

Dalam laporan ke Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya, Fahira membawa sejumlah barang bukti, antara lain tangkapan layar dari unggahan akun Facebook Ade Armando.

Laporan Fahira tersebut terdaftar dalam nomor laporan LP/7057/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus, tanggal 1 November 2019.

Adapun pasal yang disangkakan dalam laporan untuk Ade Armando tersebut adalah Pasal 32 Ayat 1 Jo Pasal 48 ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. (mdk/fik)

Baca juga:
Fokus Kawal Anggaran Janggal Lem Aibon, Ade Armando Tunda Laporkan Balik Fahira Idris
Ade Armando Akui Sadar saat Upload Foto Anies Menyerupai Joker di Facebook
Dipolisikan Karena Meme Joker, Ade Armando Sebut Anies Harus Terus Diserang
Ade Armando Penuh Panggilan Polisi untuk Diperiksa Kasus 'Joker' Anies
Datangi Polda Metro, Ade Armando Balik Polisikan Fahira Idris
Datangi Polda Metro, Fahira Bawa Bukti Unggahan Ade Armando

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.