Usai Salat Istiska di Pekanbaru, Jokowi Bagikan Buku ke Anak Yatim

PERISTIWA | 17 September 2019 11:24 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Usai salat istiska di Masjid Amrullah Pangkalan Udara TNI AU Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Presiden Joko Widodo bagi-bagi buku kepada anak di sekitar lingkungan masjid dan anak panti asuhan yayasan Lembaga Bakti Muslim Indonesia, Selasa (17/9).

Anak-anak tampak antusias dan tidak sabar antre. Jokowi dibantu Paspamres yang memegangi buku dan alat tulis tersebut. Gubernur Riau, Syamsuar juga mendampingi Jokowi.

‎Terlihat Pangdam Bukit Barisan Mayjen TNI Fadhilah, Wagubri Edi Natar Nasution, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, Komandan Korem Wirabima Brigjen TNI Fadjar dan Ketua PWNU Riau, Tengku Rusli Ahmad.

"Setelah bagi-bagi buku, Pak Presiden dan rombongan bertolak ke Pelalawan menuju lokasi kebakaran hutan dan lahan," ujar Kasubag Humas Pemprov Riau, Fahmi.

BMKG pada Selasa pagi melaporkan konsentrat polutan PM10 yang terkandung pada jerebu terpantau pada kategori sangat tidak sehat hingga berbahaya di Kota Pekanbaru. Riau masih diselimuti asap cukup pekat yang mempengaruhi jarak pandang.

"Jarak pandang di Pekanbaru hanya 800 meter," ujar Staf Analisis BMKG Stasiun Pekanbaru, Agus.

Sementara itu, jarak pandang di daerah lainnya masih cukup buruk seperti di Kota Rengat kini 800 meter, Kota Dumai 900 meter dan Kabupaten Pelalawan 600 meter.

Satelit Terra Aqua mendeteksi 498 titik panas yang jadi indikasi karhutla di Sumatera. Daerah paling banyak adalah Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 194 titik, Jambi 174 titik, sedangkan di Riau ada 60 titik.

Khusus di Riau, dari 60 titik panas tersebut paling banyak di Kabupaten Rokan Hilir dengan 27 titik, dan Pelalawan 11 titik. Kemudian di Kota Dumai ada 8 titik, Kabupaten Indragiri Hulu 6 titik, Indragiri Hilir 4 titik, Bengkalis 2 titik, dan Kuansing serta Kampar masing-masing satu titik panas.

Dari jumlah tersebut, ada 41 yang dikategorikan titik api. Lokasi paling banyak juga di Rohil dan Pelalawan yang masing-masing ada 23 titik dan tujuh titik.

Baca juga:
Jokowi Salat Istiska, Khatib Sebut Membakar Hutan dan Lahan Dosa Besar
Jokowi Salat Minta Hujan Sebelum Menuju Lokasi Kebakaran Hutan
Jarak Pandang Membaik 2 Km, Pesawat Kepresidenan Bisa Mendarat di Pekanbaru
VIDEO: Jokowi Pimpin Rapat di Tengah Kabut Asap
Jokowi: Aparat Tindak Tegas Perusahaan Maupun Perorangan Terlibat Kebakaran Hutan
Pimpin Rapat Karhutla di Riau, Jokowi Marah Singgung Peran Pemda
Jokowi Nyatakan Riau Berstatus Siaga Darurat Kebakaran Hutan

(mdk/cob)