Ustaz Arifin Ilham Selalu Gembira Meski Mengidap Kanker

PERISTIWA | 23 Mei 2019 07:54 Reporter : Eko Prasetya

Merdeka.com - Ketua Yayasan Az-Zikra, Khotib Kholil mengatakan Ustaz Arifin Ilham selalu tampak gembira meski menderita kanker kelenjar getah bening. Menurutnya, Arifin tidak pernah memperlihatkan sakitnya.

"Tak pernah menampakkan sakitnya. Jadi selalu gembira, terutama pada umat. Beliau selalu menyampaikan adab dalam beribadah dan mengamalkan surat-surat rutin seperti biasa," ujarnya kepada awak media di kediaman almarhum, Majelis Az-Zikra Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat, seperti dilansir Antara, Kamis (23/5).

Menurut Kholil, di masa-masa terakhirnya, Ustaz Arifin Ilham bahkan sempat menyampaikan beberapa wasiat. Salah satunya yaitu mengenai permintaan tempat disalatkan dan dimakamkannya ketika Pimpinan Majelis Az-Zikra itu meninggal dunia.

"Beliau beramanat ingin disalatkan di Az-Zikra Sentul, setelah itu disalatkan juga di Az-Zikra Gunung Sindur, lalu dimakamkan di sana (Gunung Sindur)," kata Kholil.

Kholil mengatakan, Ustaz Arifin berangkat ke Penang Malaysia pada 15 April 2019, atau dua hari menjelang hari Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Almarhum menjalani pengobatan di salah satu rumah sakit Penang, untuk mengobati penyakitnya.

Diberitakan sebelumnya, Kholil menyebutkan bahwa Ustaz Arifin sempat melewati masa kritisnya setelah masuk ruang Intensive Care Unit (ICU) dini hari waktu setempat pada Selasa (21/5/). Namun, kondisi Ustaz Arifin kembali kritis sejak Rabu sore, berlanjut dengan menghembuskan napas terakhir pada Rabu malam. (mdk/eko)

Baca juga:
Ustaz Arifin Ilham Disalatkan di Masjid Al-Munawar Penang
Keluarga Bersiap Sambut Kedatangan Jenazah Ustaz Arifin Ilham
Ustaz Arifin Ilham Meninggal Dunia
Kondisi Terkini Ustaz Arifin Ilham, Begini Penjelasan Dokter di Malaysia
Ustaz Yusuf Mansyur Hingga Aa Gym Ajak Warga Doakan Kesembuhan Ustaz Arifin Ilham
Lewati Masa Kritis, Istri Ustaz Arifin Ilham Kabarkan Kondisi Terkini Sang Suami

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.