Ustaz Somad Mundur dari PNS, Ini Aturan Dalam Peraturan Pemerintah

PERISTIWA | 17 Oktober 2019 06:30 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Ustaz Abdul Somad memutuskan mengundurkan diri dari Universitas Negeri Suksa, Riau sebagai dosen. Selain itu, Ustaz Somad juga mundur dari status Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan Keuangan dan Kepegawaian UIN Suska Pekanbaru, Ahmad Supardi mengatakan pengunduran diri Ustaz Somad karena kesibukannya berdakwah.

"Iya, kita menerima surat pengunduran diri Pak UAS. (Selama ini) status beliau kan PNS sebagai dosen di sini," kata Supardi.

Pengunduran diri sebagai PNS sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Ini aturan soal pemberhentian PNS:

1 dari 4 halaman

Diberhentikan Secara Hormat

Jika berkaca dari pengunduran diri Ustaz Somad didasari keinginan sendiri diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, diatur dalam pasal 238. PNS yang mengajukan permintaan berhenti, diberhentikan dengan hormat sebagai PNS diatur dalam pasal 238 ayat 1.

Namun permintaan berhenti dari PNS bisa ditunda, jika PNS yang bersangkutan masih diperlukan untuk kepentingan dinas, hal ini diatur dalam pasal 238 ayat 2.

2 dari 4 halaman

Bisa Ditolak karena Proses Peradilan

Pada pasal 238 ayat 3 Peraturan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil permintaan berhenti bisa ditolak apabila:

Sedang dalam proses peradilan karena diduga, melakukan tindak pidana kejahatan. Terikat kewajiban bekerja pada Instansi Pemerintah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

3 dari 4 halaman

Bisa Ditolak Jika Sedang Menjalani Hukuman Disiplin

Pemberhentian PNS juga bisa ditolak karena PNS tersebut dalam pemeriksaan pejabat yang berwenang memeriksa karena diduga melakukan pelanggaran disiplin PNS.

Sedang mengajukan upaya banding administratif karena dijatuhi hukuman disiplin berupa pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS. Sedang menjalani hukuman disiplin. Alasan lain menurut pertimbangan PPK ((Pejabat Pembina Kepegawaian).

4 dari 4 halaman

Ustaz Somad Berhenti karena Mau Fokus Dakwah

Berhentinya Ustaz Somad dari PNS karena ingin fokus berdakwa. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan Keuangan dan Kepegawaian UIN Suska Pekanbaru, Ahmad Supardi.

"Dari isi tulisan yang kita terima, UAS mundur karena kesibukannya berdakwah," katanya.

Seperti diketahui Kesibukan UAS bukan hanya di Indonesia. Dia juga kerap berdakwah di luar negeri. Bahkan UAS sedang menyelesaikan studinya Strata 3 (S3) di Omdurman Islamic University (OIU), Sudan, dengan Program Studi Konsentrasi Al Suhnah wa Ulumul Hadist. (mdk/dan)

Baca juga:
Setelah 8 Tahun, Ustaz Abdul Somad Mundur Mengajar di Kampus UIN
UGM Batalkan Kuliah Umum Ustaz Abdul Somad yang akan Digelar 12 Oktober
Polisi Tegaskan Tak Terlibat Pembatalan Kuliah Umum Ustaz Abdul Somad di UGM
Tabligh Akbar Dibatalkan, Ustaz Abdul Somad Tetap Datangi Ponpes Kudus
Punya Masa Lalu Kelam karena Narkoba, Ammar Zoni Minta Nasihat Ustaz Abdul Somad
Polisi Masih Kaji Kasus Ustaz Abdul Somad

TOPIK TERKAIT