Usut Unsur Pidana Tragedi Kanjuruhan, Polri Tengah Periksa 35 Saksi

Usut Unsur Pidana Tragedi Kanjuruhan, Polri Tengah Periksa 35 Saksi
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 6 Oktober 2022 04:32 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan penyidik sampai saat ini telah memeriksa sebanyak 35 orang saksi terkait kasus dugaan kelalaian yang berbuntut terjadinya tragedi Kanjuruhan, Malang.

"Pemeriksaan para saksi sudah 35 saksi diminta keterangan baik saksi internal artinya bahwa anggota Polri yang terlibat dalam pengamanan di stadion kanjuruhan maupun saksi dari eksternal," kata Dedi kepada wartawan, di Jawa Timur, Rabu (5/10).

Pemeriksaan terhadap para saksi, lanjut Dedi, masih berlangsung. Sehingga terkait hasil pemeriksaan masih belum bisa disampaikan ke publik.

"Mungkin besok baru saya sampaikan tentang progres baik dari tim audit investigasi maupun juga Tim Sidik dalam hal ini gabungan dari Bareskrim dan Polda Jatim," terangnya.

2 dari 2 halaman

Kasus Kanjuruhan Naik Sidik

Sekadar informasi, Bareskrim Polri resmi menaikkan status tragedi kerusuhan Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur ke tahap penyidikan dengan mengenakan pasal kelalaian yang mengakibatkan hilangnya nyawa.

"Dari hasil pemeriksaan tersebut yim melakukan gelar perkara dari hasil gelar perkara meningkatkan status dari penyelidikan menjadi penyidikan," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam jumpa pers, Senin (3/10).

Adapun pasal yang dipakai yakni Pasal 359 KUHP, “Barang siapa karena kesalahannya (kealpaannya) menyebabkan orang lain mati, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling ringan satu tahun.”

Kemudian, Pasal 360 KUHP berbunyi "Barangsiapa karena kesalahannya menyebabkan orang luka berat dihukum dengan hukuman penjara selama-lamanya lima tahun atau hukuman kurungan selama-lamanya satu tahun."

"Tim hari ini melakukan pemeriksaan terkait Pasal 359 dan Pasal 360 KUHP dengan melakukan pemeriksaan 20 orang saksi," sebut Dedi. (mdk/ded)

Baca juga:
Reaksi Jokowi Lihat Langsung Pintu Maut 12 Stadion Kanjuruhan
Pengakuan Aremania Soal Personel Brimob Tolak Menolong Suporter Wanita
Tragedi Kanjuruhan Disorot Dunia, Haedar Nashir Minta Hasil Investigasi Transparan
31 Polisi Telah Diperiksa Dugaan Pelanggaran Etik Buntut Tragedi Kanjuruhan
Kerusuhan Kanjuruhan: Manajemen Persebaya Bakal Berkomunikasi dengan Arema demi Perdamaian Bonek dan Aremania
Hasil Investigasi Komnas HAM atas Tragedi Kanjuruhan

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini