UTBK Gelombang I Universitas Brawijaya Diikuti 17 Ribu Peserta

PERISTIWA » MALANG | 14 April 2019 03:03 Reporter : Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Jumlah peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang I di Universitas Brawijaya (UB) Malang sebanyak 17.291 orang. Peserta terdiri dari Saintek sebanyak 9.493 orang dan Soshum sebanyak 7.798 orang. Sementara dari jumlah tersebut sebanyak 3.360 peserta merupakan pendaftar Bidikmisi.

Sementara untuk pendaftar gelombang II nantinya diikuti 17.923 peserta terdiri dari 9.619 peserta dan Soshum sebanyak 8.304 peserta. Dari jumlah pendaftar sebanyak 4.775 peserta pendaftar Bidikmisi.

"Peserta di UB terbagi dalam 52 ruang, dari sesi I gelombang I sebanyak 1.639 atau 91,31 persen kehadiran. Sementara 156 tidak hadir atau 8,69 persen. Ini baru sesi I gelombang I," tegas Aulanni'am, Ketua Pelaksana UTBK di sela pemantauan di Universitas Brawijaya (UB), Sabtu (13/4).

Ujian UTBK digelar serentak di 73 lokasi di Indonesia dimulai hari ini, 13 April sampai 25 Mei setiap Sabtu dan Minggu. Dua jenis tes digelar yakni TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TPA (Tes Potensi Akademik).

UTBK di UB sendiri dilaksanakan dalam 20 kali kali ujian yang digelar setiap Sabtu dan Minggu. Gelombang I sebanyak 10 kali dan gelombang II sebanyak 10 kali.

Nilai UTBK nantinya menjadi syarat seseorang mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Nilai UTBK akan diumumkan 10 hari setelah ujian dan dapat digunakan untuk SBMPTN yang dilaksanakan 10 Mei hingga 24 Juni mendatang.

Sementara Rektor Universitas Brawijaya (UB), Nuhfil Hanani mengatakan, sistem penerimaan mahasiswa baru dilakukan dengan tiga jalur yakni SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri. Khusus jalur SBMPTN 2019 mengalami perubahan, calon mahasiswa harus mengikuti UTBK.

"Nilai akan keluar baru mendaftar SBMPTN. Kalau dulu mendaftar, baru tes, Sekarang tes dulu baru mereka mendaftar, sudah punya nilai. Tidak ada tes lain," kata Nuhfil.

Seperti diketahui 2 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Malang, yakni Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) menjadi penyelenggara UTBK. Gelombang I dari dua PTN tersebut sebanyak 34.346 orang yang terdiri dari 17.493 peserta melalui Universitas Brawijaya (UB) dan 16.853 peserta melalui Universitas Negeri Malang (UM).

Baca juga:
Superkapasitor, penyimpan energi skala besar ciptaan mahasiswa Brawijaya
Fadel Muhammad raih gelar Guru Besar bidang kewirausahaan sektor publik
Fury Wars, penetral limbah cair tahu temuan mahasiswa UB
Mahasiswa UB bikin kosmetik berbahan kulit kelinci
Mahasiswa Universitas Brawijaya kembangkan alat tingkatkan mutu gizi beras
Mentan Amran terpikat jagung dan pupuk hasil penelitian UB Malang
Palsukan tanda tangan rektor Universitas Brawijaya, 2 karyawan dipolisikan

(mdk/lia)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com