Vaksin AstraZeneca Bantuan Prancis Kembali Tiba di Indonesia

Vaksin AstraZeneca Bantuan Prancis Kembali Tiba di Indonesia
Vaksinasi Covid-19 Warga Binaan Cipayung. ©2021 Liputan6.com/Herman Zakharia
NEWS | 17 September 2021 09:24 Reporter : Randy Ferdi Firdaus

Merdeka.com - Indonesia kedatangan vaksin tahap ke-64 pada Kamis (16/9) malam, dengan jumlah 968.360 dosis. Vaksin dalam bentuk jadi produksi AstraZeneca ini merupakan dukungan pemerintah Perancis melalui Fasilitas COVAX.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, kedatangan vaksin ini merupakan pengiriman ke-2 dari total 3 juta komitmen dukungan vaksin dari Pemerintah Prancis. Dengan ketibaan vaksin hari ini, Indonesia telah menerima 1.327.060 dosis vaksin dari Prancis.

"Indonesia menyampaikan apresiasi kepada Prancis atas solidaritas dan dukungan untuk Indonesia selama pandemi," ujar Menlu Retno.

Sementara Duta Besar Perancis untuk Indonesia Olivier Chambard menambahkan, pengiriman vaksin AstraZeneca ini, sebanyak 968 ribu dosis melalui mekanisme COVAX merupakan lanjutan dari pengiriman pertama, sebanyak 358.000 dosis, yang tiba di Jakarta pada hari jumat 10 September lalu.

Chambard memastikan, pemerintah Perancis mendukung fasilitas COVAX yang bertujuan memberikan akses terhadap vaksin kepada negara-negara yang membutuhkan.

Menurutnya, dengan pengiriman vaksin malam ini, Prancis sudah menyumbangkan 1,3 juta dosis vaksin kepada Indonesia, dari total 3 juta dosis yang diumumkan Presiden Macron pada Agustus lalu. Hal ini sebagai tanda solidaritas dan persahabatan Prancis terhadap Indonesia

"Bersama, bahu-membahu, kita bisa melawan dan memenangi perjuangan melawan pandemi Covid-19 yang mendunia," ujar Chambard. (mdk/rnd)

Baca juga:
968.360 Vaksin AstraZeneca dari Prancis Tiba di Indonesia
57 Persen Pelajar di Banten Telah Disuntik Vaksin Covid-19
Wagub DKI: Warga Asing Perlu Diberi Vaksin
Fakta Terbaru Pengembangan Vaksin Merah Putih, Termasuk Harga Tak Sampai Rp100.000
Moderna: Efektivitas Vaksin Berkurang Seiring Waktu, Perlu Dosis Tambahan
Melewati Terjal Demi Misi Kemanusiaan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami