Vaksin PMK Terbatas, Ridwan Kamil Fokus Suntik Ternak Sehat

Vaksin PMK Terbatas, Ridwan Kamil Fokus Suntik Ternak Sehat
Ridwan Kamil pantau vaksinasi sapi di Sumedang. ©2022 Merdeka.com/Istimewa
NEWS | 22 Juni 2022 23:00 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memaparkan penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak tak jauh berbeda saat mengendalikan Covid-19. Salah satu kesamaannya yakni jatah vaksin yang diberikan di tahap awal juga jauh dari ideal.

Saat ini, Ridwan Kamil sedang fokus membagi jatah vaksin itu. Vaksin PMK yang didistribusikan dari pemerintah pusat untuk wilayah Jawa Barat sebanyak 70 ribu dosis. Padahal jumlah hewan ternak di daerah itu, khusus untuk kurban saja mencapai 800 ribu ekor.

Menurutnya, vaksin yang tersedia saat ini akan diberikan kepada hewan yang sehat. Sementara hewan sakit akan dirawat dan diberi obat.

2 dari 2 halaman

Tanda Khusus untuk Hewan Kurban

Khusus untuk hewan kurban, akan diberi tanda khusus agar konsumen. "Tujuh puluh ribu vaksin minggu ini akan disuntikkan ke hewan yang sehat. Kalau yang sakit gunakan obat dan sampaikan ke warga masyarakat jangan khawatir. Pas mau kurban lihat saja dia punya sertifikat dan ditandakan lempeng kuning pada kupingnya," ucap Ridwan Kamil, Rabu (22/6).

"(Vaksin) ya selalu pasti kurang ya, karena untuk kurban sendiri 800.000 yang harus dipotong kemudian kita dikasih jatahnya hanya 70.000 hewan yang sehat, karena memang vaksin PMK seperti awal-awal covid seada-adanya. Idealnya 10x lipat 70.000 yang dikasih pusat. Domain pengadaan dari pusat, sementara buat kurban aman," ia melanjutkan.

Hal lain yang saat ini disosialisasikan adalah penggunaan alat pelindung diri (APD) untuk penjaga kandang maupun tukang jagal hewan ternak. "Ya pasti ada, saya kan kemarin ngevaksin juga pakai APD itu mah SOP saja," jelas dia. (mdk/yan)

Baca juga:
Mentan Syahrul Ungkap 180.000 Sapi di Indonesia Terjangkit PMK
Kiprah Mahasiswa IPB Merawat Sapi Perah yang Terinfeksi PMK
Vaksinasi PMK di Pusat Sapi Perah Terbesar di Bogor
Ratusan Sapi di Tangerang Terjangkit PMK, Masyarakat Diimbau Tak Takut Berkurban
Diberi Jamu, Sapi Terpapar PMK di Palembang Cepat Sembuh
Jokowi Ingin Penyakit Mulut dan Kuku Ditangani Seperti Kasus Covid-19

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini