Vaksinasi Anak di Bawah 12 Tahun, Pemkot Yogyakarta Tunggu Instruksi Pemerintah Pusat

Vaksinasi Anak di Bawah 12 Tahun, Pemkot Yogyakarta Tunggu Instruksi Pemerintah Pusat
Vaksinasi Covid-19. ©2021 Merdeka.com/Arie Basuki
NEWS | 27 September 2021 19:58 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta masih menunggu instruksi pemerintah pusat terkait vaksinasi Covid-19 untuk anak berusia di bawah 12 tahun. Hingga saat ini, Pemkot Yogyakarta belum mendapatkan instruksi teknis vaksinasi Covid-19 anak umur di bawah 12 tahun.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Yudiria Amalia mengakui belum adanya petunjuk teknis vaksinasi Covid-19 dari pemerintah pusat.

"Kita masih menunggu. Sekarang baru dikaji dulu (oleh pemerintah pusat)," terang Yudiria, Senin (27/9).

Yudiria menjabarkan bahwa pihaknya masih learning by doing. Kondisi ini pernah pula terjadi saat ada instruksi vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan menyusui dari pemerintah pusat. Usai rampung dikaji, kemudian pemerintah pusat pun memberikan juknis ke daerah.

Yudiria menjabarkan bahwa saat ini pihaknya belum tahu jenis vaksin apa yang akan disuntikkan ke anak di bawah umur 12 tahun. Meski demikian, Yudiria optimis jika pada waktunya, Pemkot Yogyakarta akan menggelar vaksinasi bagi anak di bawah usia 12 tahun.

"Begitu dapat instruksi dari pemerintah pusat akan segera melaksanakan. Kami optimis. Kami selalu mampu mampu menyelesaikan vaksinasi secara cepat dan tepat," papar Yudiria.

Sementara itu, terkait penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, Kepala Dikpora Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Pemda DIY.

Terkait PTM terbatas di Kota Yogyakarta, Budi mengklaim penyelanggaraannya berjalan dengan lancar. Penerapan protokol kesehatan (prokes) juga dijalankan dengan baik.

"Alhamdulillah berjalan dengan baik. Prokes dan sebagainya tidak ada kendala. Baik-baik saja (penyelenggaraan PTM teerbatas di Kota Yogyakarta," kata Budi, Senin (27/9).

Budi menjabarkan selain penerapan prokes yang ketat, capaian vaksinasi pelajar di Kota Yogyakarta yang tinggi membuat Pemkot Yogyakarta akhirnya menggelar PTM terbatas. Meski demikian PTM terbatas ini hanya direkomendasikan untuk pelajar berumur 12 tahun ke atas.

"Vaksinasi (pelajar) sudah 85 persen. Untuk (PTM terbatas) yang SD baru kelas 6 saja. Kelas 5 ke bawah belum mulai (PTM terbatas)," urai Budi. (mdk/cob)

Baca juga:
Vaksin Booster akan Berbayar, Pemerintah Hanya Gratiskan untuk Penerima Bantuan Iuran
Antusiasme Warga Badui Vaksinasi Covid-19
Tak Lolos Skrining Kartu Vaksin, 10 Bus Pariwisata Tujuan DIY Diputar Balik
Dirawat di ICU, Pasien Covid-19 di Turki Menyesal Tidak Divaksin Tepat Waktu
Keluar Masuk Sabang Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin Covid-19
Warga Baduy dan Pelaku Usaha Wisata di Lebak Disuntik Vaksin Covid-19
Berlaku hingga 4 Oktober, Ini 4 Syarat Terbaru Masuk Bioskop Selama PPKM Jawa-Bali

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami