Vaksinasi Pelajar Capai 82 Persen, SD dan SMP di Yogyakarta Siap Gelar PTM

Vaksinasi Pelajar Capai 82 Persen, SD dan SMP di Yogyakarta Siap Gelar PTM
Belajar tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan. ©2021 Merdeka.com/Arie Basuki
NEWS | 21 September 2021 06:04 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Pemkot Yogyakarta menyebut sebanyak 82 persen pelajar di wilayahnya telah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Capaian angka 82 persen ini membuat Pemkot Yogyakarta memersilakan SD dan SMP di wilayahnya untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan bahwa sejak Senin (20/9), Pemkot Yogyakarta memersilakan bagi sekolah tingkat SD dan SMP untuk melaksanakan PTM terbatas. Meski demikian untuk tingkat SD hanya siswa kelas 6 yang diperbolehkan mengikuti PTM terbatas.

Heroe menerangkan pada Senin (20/9) sudah ada sejumlah sekolah yang melaporkan ke Pemkot Yogyakarta telah melaksanakan PTM terbatas. Heroe menyebut pihaknya menyerahkan ke pihak sekolah soal waktu PTM pelaksanaannya, tergantung kesiapan dan persetujuan dari orang tua, atau wali murid.

"PTM sudah kita buka, dan sekolah kita minta untuk melakukan pendataan ulang ya, terhadap siswa yang belum tervaksin. Jadi, mereka yang belum tervaksin itu, akan kita vaksin tersendiri," ujar Heroe, Senin (20/9).

"Sekarang (pelajar) yang sudah tevaksin itu 82 persen. Nah, yang 18 persen sisanya laporannya masih ada di luar kota dan sedang kita kejar terus itu," sambung Heroe.

Heroe menuturkan dengan kondisi 82 persen pelajar telah divaksin ini membuat Pemkot Yogyakarta berani untuk mengadakan PTM terbatas. Meski demikian Heroe menjabarkan bahwa peranan orang tua penting dalam penyelenggaraan PTM terbatas.

"Dari sisi itu, kita lebih save untuk memulai PTM terbatas. Namun kita tetap tidak bisa mengabaikan prokes. Makanya kita minta ke orang tua agar anaknya dihindarkan dari kegiatan yang berpotensi besar ada interaksi dengan pihak lain," papar Heroe. (mdk/gil)

Baca juga:
Garis Polisi Dibuka, Pelajar SD dan SMP di Kupang Kembali Belajar
Kadisdik Aceh Minta Kepala Sekolah Tak Mampu Gelar Vaksinasi Covid-19 Mundur
Pemerintah Minta Semua Pihak Dukung Pelaksanaan PTM Terbatas
PTM Sudah Dimulai, Vaksinasi Covid-19 Pelajar di Bandung Baru 40 persen
IDI Dukung Pembelajaran Tatap Muka di Pesantren
Pemda Diminta Percepat Penuntasan Vaksinasi Pendidik untuk Mendukung PTM Terbatas

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami