Varian Baru Covid-19 Terdeteksi, Ganjar Usul Pintu Masuk RI Diperketat

Varian Baru Covid-19 Terdeteksi, Ganjar Usul Pintu Masuk RI Diperketat
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. ©2021 Istimewa
PERISTIWA | 3 Maret 2021 18:42 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tengah memantau virus covid-19 varian baru, B117 dikabarkan telah masuk ke Indonesia di Karawang, Jawa Barat. Dia memerintahkan Kadinkes Jateng untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

"Dari Dinkes juga saya minta pantau terus dan kita koordinasi terus dengan pusat agar kita bisa mencegah," kata Ganjar ditemui di kantornya, Rabu (3/3).

Dia mengungkapkan dua orang yang teridentifikasi virus Covid-19 varian baru itu harus segera ditracing. Informasinya, dua orang tersebut membawa virus varian baru itu dari Arab Saudi.

"Kalau dua orang itu langsung ditracing, maka langsung bisa diisolasi. Mereka tidak boleh keluar-keluar dulu untuk mengantisipasi penyebarannya," ungkapnya.

Ganjar mengatakan saat ini tim riset dari Kemenkes tengah meneliti seberapa menular dan berbahaya varian baru Covid-19 tersebut. Riset diperlukan agar bisa mengambil langkah antisipasi terkait virus tersebut.

"Dua itu dikunci dan turunkan tim agar bisa meriset kondisinya, apakah perbedaannya tinggi atau tidak. Kalau harus dilakukan treatmen khusus, maka kira-kira treatmen yang bisa menangkal seperti apa. Kalau mendengarkan ini cepat menular dan mematikan, apakah benar seganas itu. Maka jangan sampai orang takut semuanya," tegasnya.

Ganjar juga mengusulkan pintu-pintu masuk ke Indonesia diperketat hari ini. "Ya menurut saya baik juga kalau ada varian baru dan sudah mulai terdeteksi, maka kita mesti hari-hati. Kalau perlu pintu-pintu masuk ke Indonesia diperketat mulai hari ini," kata dia.

Sekadar diketahui, varian baru virus Corona Inggris, B1117 sudah masuk ke Indonesia. Dua orang warga Karawang, Jawa Barat dikabarkan mengidap virus Covid-19 varian baru tersebut. (mdk/ray)

Baca juga:
Jabar Sumbang 1.894 Kasus Positif Covid-19, DKI Jakarta 1.437
Kasus Kematian Covid-19 di Indonesia Bertambah 203, Jabar Tertinggi dengan 49
Gajar Keluhkan Kekeliruan Data Covid-19 dari Pemerintah Pusat
Data Terkini Korban Virus Corona di Indonesia pada Maret 2021
Data 3 Maret: Kasus Positif Covid Tambah 6.808, Sembuh 9.053

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami