Varian Baru Virus Corona Ditemukan di Karawang, Ridwan Kamil Minta Arahan Pakar

Varian Baru Virus Corona Ditemukan di Karawang, Ridwan Kamil Minta Arahan Pakar
Ridwan Kamil. Humas Provinsi Jawa Barat ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 3 Maret 2021 12:17 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengonfirmasi varian baru virus corona dari Inggris, B117 UK, sudah ditemukan di wilayah Karawang. Dia meminta agar para ilmuwan atau pakar di bidang itu segera melakukan penelitian agar hasilnya dapat digunakan untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

"Varian baru (virus corona) ternyata sudah ada di Indonesia, sudah masuk di Karawang, oleh karena itu kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh dari tim Unpad untuk meneliti varian ini kami harus ngapain, apakah sama perlakuan 3M dan 3T," kata Ridwan Kamil, Rabu (3/3).

Meski begitu, dia meminta masyarakat tidak panik, apalagi virus corona memang banyak mutasi. Semua diimbau tetap jalankan protokol kesehatan dengan disiplin. Pemerintah akan melakukan antisipasi dan meningkatkan pengawasan dalam mencegah perluasan virus itu.

"Tapi tidak usah panik ya, karena dari awal sudah kita antisipasi bahwa Covid ini banyak mutasinya. Kami akan meningkatkan ikhtiarnya. Saya kira itu," ucap dia.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Kusnandi Rusmil, mengatakan, proses penelitian terkait varian virus corona B117 UK masih berlangsung. Dia mengatakan, proses mutasi virus merupakan hal alamiah dan tidak bisa dicegah.

Penelitian sementara, varian baru virus ini lebih cepat menular. Antisipasi yang bisa dilakukan adalah masih dengan cara disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Virus itu selalu akan berubah dan mutasi terus untuk mempertahankan diri supaya tetap eksis. Itulah makanya virus mana pun akan mutasi, gak bisa dicegah, alamiah seperti itu," ucap dia.

"Dia (B117 UK) itu bukan lebih ganas, tapi dia lebih menular tapi keganasannya sama, enggak ada bedanya tapi dia lebih menular," pungkasnya. (mdk/yan)

Baca juga:
Standard Chartered Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2021 di 4,5 Persen
Perbedaan Sesak Nafas Karena Asma atau Covid-19
Mabes TNI Siapkan 10 Ribu Vaksinator Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19
Kiat Menjaga Diri dari Varian Baru Corona B117 yang 56 Persen Lebih Menular
Gebrakan Bupati Sumba Timur Kristofel Praing Tangani Covid-19
3 Maret 2021: 4.621 Pasien Covid Dirawat di RSD Wisma Atlet
3 Maret 2021: Bertambah 20, WNA Positif Covid-19 di RI Capai 1.090

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami