Video Harimau Sumatera Muncul di Permukiman Warga Siak Kejadian Bulan Maret

Video Harimau Sumatera Muncul di Permukiman Warga Siak Kejadian Bulan Maret
Penampakan Harimau Sumatera di Permukiman Warga Siak. ©2021 Istimewa
NEWS | 9 Juni 2021 17:17 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Beredar video yang memperlihatkan seekor harimau memasuki permukiman warga di kawasan Kabupaten Siak, Riau. Bukan hanya terlihat di pekarangan rumah warga, satwa dilindungi bernama latin Panthera Tigris Sumatrae itu juga memangsa seekor ayam milik warga.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau, Suharyono, membenarkan adanya peristiwa tersebut. Namun hal itu terjadi pada Maret dan informasi diterima pihaknya pada awal April 2021 lalu.

"Sekitar tanggal 5 April lalu kita mendapatkan video tersebut dari pihak manajemen perusahaan perkebunan PT Triomas," katanya kepada merdeka.com, Rabu (9/6).

Menurut Haryono, satwa liar berkulit belang itu muncul di Kampung Teluk Lanud, Sungai Apit, Kabupaten Siak. Video itu sendiri diambil oleh karyawan kebun yang ada di mess pekerja.

"Dari hasil pengecekan lokasi, harimau itu diperkirakan berusia remaja dengan jenis kelamin jantan. Dilihat dari video, harimau tersebut sedang belajar berburu mangsa," jelasnya.

Haryono mengaku menerima dua video yang berbeda di lokasi yang sama. Video pertama pada siang hari dan video kedua menunjukkan kondisi malam hari.

Menurutnya, lokasi munculnya hewan buas dilindungi itu masuk dalam lanskap Semenanjung Kampar. Di mana lokasi itu memang merupakan habitat harimau Sumatera.

"Saat itu kita sudah lakukan komunikasi dan bimbingan teknis terhadap perusahaan. Kemudian pihak perusahaan juga berkomitmen untuk memantau lokasi menggunakan kamera trap. Hingga saat ini belum terlihat lagi kemunculan harimau di lokasi itu sejak beberapa waktu lalu," tandasnya. (mdk/lia)

Baca juga:
Harimau Sumatera, Raja Rimba yang Jago Berenang
Tiga Ekor Harimau Berkeliaran di Agam, Dua Kambing Jadi Mangsa
Lagi, Harimau Sumatera Mangsa Hewan Ternak Warga di Langkat
Jual Harimau Sumatera Diawetkan dan 2 Gading Gajah, 3 Warga Jambi Diringkus
Pakai Helikopter, Potret Pelepasliaran Harimau Sumatra 'Suro' di Taman Gunung Leuser
Niat Cari Sinyal di Gunung, Remaja Ini Malah Ketemu Harimau

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami