Viral Ibu Hamil Ditandu di Lebak, Perbaikan Jalan Terkendala Pembebasan Lahan

PERISTIWA | 4 September 2019 16:16 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Kenti (38), seorang ibu hamil warga Kampung Naga Hurip, Desa Mekarjaya, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, terpaksa ditandu untuk menuju ke Puskesmas Panggarangan gara-gara jalan rusak. Nahasnya, bayi dalam kandungan Kenti diketahui meninggal saat tiba di puskesmas.

Menanggapi kasus tersebut, Camat Panggarangan, Kabupaten Lebak Aan Juanda mengatakan, turut berduka cita atas insiden yang telah menimpa warganya tersebut. Pihaknya pun mengaku telah berkunjung ke rumah korban pada Selasa (3/9) kemarin.

"Sudah tahu, bahkan saya dengan kepala Puskesmas, Kapolsek, Danramil sudah ta'jiah ke sana," kata Aan saat dikonfirmasi, Rabu (4/9).

Melihat peristiwa seorang ibu hamil yang ditandu menuju Puskesmas, dikatakan Aan, ada dua hal yang menjadi perhatian publik. Pertama pelayanan kesehatan dan kedua akses jalan menuju puskesmas.

Mengenai akses jalan, menurutnya, pemerintah tidak menutup mata dan sedang melakukan perbaikan jalan melalui anggaran tahun 2018-2019 melalui dana desa, namun belum tuntas dan menemui kendala pembangunan. Ada sekitar 6 kilometer yang masih rusak dari Kampung Gintung hingga Kampung Naga Hurip.

"Itu jalan poros desa panjang 6 KM dari Gintung. Muka kampung gintung sudah dicor ketika mau nyambung ada bangunan rumah warga. Harapan bisa dibebaskan susah juga beban biayanya dari mana," katanya.

Meskipun demikian, ia mengatakan pemerintah desa sedang mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan kendala pada pembangunan jalan tersebut.

"Kami sedang pendekatan kepada warga yang punya sawah kita alihkan jalan. Ada 8 pemilk sawah cepat atau lambat ada jawaban sehingga ini jadi program ke depan mengantisipasi hal-hal yang tidak diingin oleh masyarakat," tuturnya. (mdk/gil)

Baca juga:
Bayi dari Ibu Hamil yang Ditandu Menuju Puskesmas di Lebak Meninggal
Gara-Gara Jalan Rusak, Perempuan Hamil di Lebak Terpaksa Ditandu ke Puskesmas
Jadi Ibu Kota Baru, Kondisi Jalan di Sepaku Sudah Rusak 17 Tahun
Sudah 5 bulan, Turap Ambrol di Serpong Tak Juga Diperbaiki
Jalur Transjakarta Rusak Ancam Keselamatan Penumpang
Macet Parah, Arus Balik di Sambas Terhambat Gara-gara Jalan Rusak

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.