Viral Video Pungli di Soekarno Hatta, Petugas Imigrasi Minta Rp500 Ribu ke WNI

PERISTIWA | 8 Agustus 2019 20:54 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Beredar sebuah video diduga pungutan liar atau pungli terjadi di Bandara Soekarno-Hatta. Diketahui video tersebut diunggah oleh akun Youtube bernama Info Licin.

"Minta berapa? Kau kasih pas saja 500, 500 enggak ada," ungkap percakapan antara seorang diduga oknum petugas imigrasi dengan seorang diduga korban, seperti dilihat Liputan6.com, Kamis (8/8)

Dalam video berdurasi tiga menit tersebut, terlihat seorang oknum diduga petugas imigrasi menggiring dua orang diduga korban ke kamar kecil untuk melakukan transaksi.

"Ayo kita ke wc dulu sini, ya udah buruan aja deh, udah yang penting berangkat," lanjut percakapan mereka yang terekam dalam video yang sudah ditonton lebih dari 5 ribu kali sejak diunggah sejak 4 hari lalu.

Kasubag Humas Ditjen Imigrasi, Sam Fernando, membenarkan adanya tindakan diduga pungli dilakukan jajarannya. Lewat video viral tersebut, pihaknya mengaku sudah memeriksa oknum terkait dan meminta keterangan terkait aksi yang diduga pungli tersebut.

"Sudah kami amankan, dan mintai keterangan," kata Sam saat dikonfirmasi Liputan6.com, Kamis (8/8/2019).

Sam mengatakan, pemeriksaan masih berlangsung hingga konfirmasi ini dilakukan. Pihaknya berjanji akan mengklarifikasi hal terkait bila semua informasi sudah utuh, khususnya terkait sanksi apa yang akan dijatuhkan bila oknum terkait benar melakukan pungli.

"Ya nanti kami update lagi, saat ini masih diperiksa," kata Sam menandasi.

Baca juga:
Polisi: Hoaks Jajanan Mengandung Narkoba di Surabaya
Abah Grandong, Si Pemakan Kucing Ditetapkan Tersangka
Polisi Tetapkan Status Hukum Abah Grandong Usai Hasil Tes Kejiwaan Keluar
Makan Kucing Hidup, Abah Grandong Akan Diperiksa Kejiwaannya
Pemakan Kucing yang Viral di Sosial Media Menyerahkan Diri
Diserahkan Keluarga ke Polisi, Abah Grandong Anut Ilmu Hitam & Sering Kerasukan
Polisi Akan Periksa Kejiwaan Abah Grandong

(mdk/lia)