Virus Corona di Balikpapan Menyebar Lewat Transmisi Lokal

Virus Corona di Balikpapan Menyebar Lewat Transmisi Lokal
PERISTIWA | 29 Maret 2020 20:31 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Virus Corona alias Covid-19 menyebar di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, melalui transmisi lokal. Sehingga, pemerintah daerah setempat mengambil kebijakan, mereka yang usai bepergian dari Balikpapan, berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

"Kondisi kasus Covid-19 di Kalimantan Timur, setelah kami laporkan ke Gugus Tugas pusat, disimpulkan oleh pusat bahwa di Balikpapan terjadi transmisi lokal," kata Plt Kadinkes Kalimantan Timur Andi M Ishak, di kantornya, Minggu (29/3).

Ishak menjelaskan, kasus yang terjadi di daerahnya tertular dari orang yang hadir sebagai peserta Sinode di Bogor, Jawa Barat.

"Ini dilihat dari pasangan suami istri, tertular dari salah satu dari 14 orang eks peserta Sinode di Bogor Jawa Barat, yang dikarantina di Balikpapan. Satu dari 14 orang yang dikarantina itu, terkonfirmasi positif," ujar Ishak.

1 dari 1 halaman

Kedua, lanjut Ishak, 3 orang satu keluarga ayah, ibu dan anak, yang dinyatakan sebagai pasien positif Covid-19. "Ayah dan ibu dari anak itu, pulang dari Jepang. Anaknya, tidak kemana-mana, di rumah saja," ungkap Ishak.

"Ibu lebih dulu bergejala Covid-19, kemudian suaminya, hingga akhirnya dinyatakan positif Covid-19. Karena anak kontak erat, juga bergejala sama dan ikut dinyatakan positif. Jadi, 2 kasus ini, dikategorikan sebagai transmisi lokal," terang Ishak.

Masih dijelaskan Ishak, dengan kesimpulan Balikpapan sebagai kota transmisi lokal penularan Covid-19, menjadi kota kedua di Kalimantan, setelah kota Pontianak di Kalimantan Barat.

"Kalau nanti sudah ditetapkan sebagai transmisi lokal, semua pergerakan orang dari Balikpapan, masuk ODP (Orang Dalam Pemantauan)," tutup Ishak. (mdk/rnd)

Baca juga:
Beredar Dokumen 'Data Lokasi Penyekatan' di Jaksel, Begini Penjelasan Polisi
Melalui Telepon, Putra Mahkota Arab Saudi Sampaikan Duka Cita Pada Jokowi
Satu Sembuh, Muncul Lagi Satu Pasien Positif Covid-19 di Riau
Jakarta Disarankan Lockdown Mulai dari Tingkat RT
Satu Pasien Positif Corona di Kota Tasikmalaya Meninggal Dunia

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami