Vulkanologis Selandia Baru Kenang Kegigihan dan Dedikasi Sutopo

PERISTIWA | 7 Juli 2019 08:17 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho telah menghembuskan nafas terakhirnya, Minggu (7/7) dini hari WIB di Guangzhou, China pada dini hari WIB. Ucapan duka cita disampaikan banyak pihak atas meninggalnya Sutopo.

Begitu pula dari netizen mancanegara. Sutopo memang kerap dikenal sebagai sosok yang aktif menjelaskan bencana yang terjadi di Indonesia. Salah satu cuitan duka cita datang dari Janine Krippner, seorang vulkanologis dari New Zealand yang sempat mengenal baik Sutopo semasa hidupnya.

"Saya sangat sedih mendengar tentang kepulangan @Sutopo_PN. Saya sangat mengagumi kegigihannya untuk selalu membantu sampai akhir. Beberapa kata-kata terakhirnya kepada saya adalah: "Hidup tidak ditentukan dari berapa lama kita hidup, tetapi seberapa bergunanya kita untuk orang lain. Itulah yang saya lakukan." tulis Janine.

Kemudian James Reynolds, akun yang sering mengambil gambar seputar kejadian alam ikut memberikan cuitannya atas kepulangan Sutopo. "Ini adalah kabar yang sangat sedih - @Sutopo_PN mendedikasikan hidupnya untuk selalu menginformasikan mengenai berbagai bahaya dan bencana natural yang selalu terjadi di negaranya," ucap James.

Steve Lookner, seorang pembaca berita mancanegara juga turut menyampaikan duka citanya. Dia mengamati kerja keras Sutopo mengabarkan kabar kebencanaan di Indonesia di tengah kondisi lemah akibat sakit keras.

"Sutopo Purwo Nugroho @Sutopo_PN yang selalu menyediakan kabar terbaru untuk Pemerintah Indonesia tentang gempa bumi, gunung berapi, dan tsunami telah meninggal dunia," tutur Steve.

Reporter: Ratu Annisaa Suryasumirat

Baca juga:
Warga Boyolali Pasti Bangga Punya Sutopo Purwo Nugroho
BNPB: Kanker yang Diderita Sutopo Telah Menyebar ke Tulang & Organ Vital Tubuh
BNPB: Kita Semua Kehilangan Pak Sutopo
Sutopo Purwo Nugroho Meninggal Dunia

(mdk/ray)