Wagub Instruksikan Tambang Ilegal di Jabar Harus Ditutup

Wagub Instruksikan Tambang Ilegal di Jabar Harus Ditutup
PERISTIWA | 7 Februari 2020 23:28 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menginstruksikan seluruh kepala daerah se-Jabar untuk menutup semua aktivitas pertambangan ilegal di daerah masing-masing. Uu menyebut bahwa berdasarkan hasil inspeksi mendadak di lapangan yang dilakukannya, pihaknya memang menemukan banyak aktivitas tambang yang ilegal.

Ia pun meminta agar seluruhnya menutup pertambangan ilegal tersebut. "Yang tidak memiliki izin, tutup segera," ujar Uu di Kabupaten Pangandaran, Jumat (7/2).

Ia mengatakan bahwa pertambangan yang belum tertib secara administrasi juga tata cara pertambangan bisa merusak lingkungan dan merugikan masyarakat. Terakhir, Uu mengaku menemukan puluhan perusahaan tambang ilegal saat ia melakukan sidak di galian pasair kaki Gunung Tampomas, Kabupaten Sumedang pada 2 Februari lalu.

"Masih banyak yang belum tertib dan menyalahi tata cara penambangan sehingga terjadi dampak lingkungan yang merugikan masyarakat. Dan ini (tutup tambang ilegal) juga merupakan arahan langsung dari Bapak Presiden," katanya.

1 dari 1 halaman

Penyebab Longsor

Kegiatan tambang ilegal sendiri, disebut Uu, disinyalir menjadi salah satu penyebab longsor dan banjir di Jawa Barat sehingga menurutnya pemerintah harus menindak tegas penambang ilegal itu.

Ia juga menyampaikan bahwa Presiden Jowo Widodo menyebut harus ada deregulasi perizinan tambang pasir. Hal tersebut mengandung arti bahwa jangan terlalu mudah memberi izin namun juga jangan dipersulit.

"Yang pasti tidak boleh menyalahi aturan yang berdampak pada kerusakan lingkungan," tegasnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Polisi Segel Tambang Ilegal di Lebak Diduga Penyebab Banjir Bandang
Lubang Tambang Emas Ilegal di Gunung Halimun Ditutup
Pimpinan DPR Dukung Pemerintah Berantas Tambang Ilegal di Dekat Ibu Kota Baru
Menteri LHK akan Tutup Penambangan Liar di Wilayah Ibu Kota Baru
Bongkar Praktik Penambangan Emas Ilegal di Bogor, Polisi Amankan 4 Orang
Penambang Pasir Ilegal di Sungai Progo DIY Gunakan Alat Sedot Modifikasi
Bersinggungan dengan Lahan Perhutani, Dua Tambang Ilegal di Jepara Ditutup

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami