Wagub Jabar Sebut Area Secapa AD Bandung akan Disemprot Disinfektan Setiap Hari

Wagub Jabar Sebut Area Secapa AD Bandung akan Disemprot Disinfektan Setiap Hari
PERISTIWA | 10 Juli 2020 15:38 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, salah satunya TNI AD untuk penanganan kasus penularan Covid-19 di Sekolah Calon Perwira (Secapa) Angkatan Darat (AD). Ia menjelaskan bahwa penanganan kasus positif Covid-19 di Secapa akan dilakukan oleh instansi terkait.

"Isolasi untuk yang positif Covid-19 juga akan dilakukan di tempat itu. Gugus Tugas Covid-19 Jabar juga akan melakukan penyemprotan disinfektan setiap hari di lokasi itu," kata Uu di Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (10/7).

Uu menambahkan, pihaknya pun akan terus melakukan tiga langkah dalam menghadapi Covid-19 ini. Pertama, pemerintah mengimbau masyarakat agar memperkuat pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Kedua, melakukan tes massif dengan target 2.000 orang per hari. Terakhir, ketika ditemukan kasus baru, penanganan akan dilakukan cepat dan akurat agar tidak menularkan kepada masyarakat yang lebih luas.

Ia berharap, melonjaknya kasus Covid-19 di Jawa Barat tidak membuat pemerintah kembali memberlakukan PSBB. Karena itu, ia mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Jangan pemerintah terus gembar-gembor, tapi masyarakat tak disiplin. Perawat yang paling baik adalah diri sendiri," sebutnya.

Di Kota Tasikmalaya, sejumlah petugas medis di RSUD dr Soekardjo terindikasi positif Covid-19. Saat ini, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya terus melakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisinya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat masih enggan memberikan kepastian informasi tersebut karena masih melakukan pemeriksaan. "Kita masih nunggu laporan lengkapnya," kata Uus.

Sedangkan Uus memastikan Pemda sudah melakukan tahapan pemeriksaan sesuai prosedur sehingga. "Sementara ini untuk langkah antisipasi petugas sudah kita karantina, sambil menunggu hasil akhir. Mudah-mudahan hari Sabtu sudah keluar (hasilnya)," tutupnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Secapa TNI AD Klaster Baru, Emil & Panglima Tes Massal Puluhan Sekolah Vertikal
Secapa TNI AD Jadi Klaster Baru Covid-19, DPR Minta Kasad Cari Cara Cegah Penyebaran
Cegah Penyebaran Covid-19, Kawasan di Sekitar Secapa AD Bandung akan Ditutup
Ridwan Kamil Sebut Klaster Baru Covid-19 di Secapa TNI AD Mayoritas OTG
Secapa TNI AD Klaster Baru Covid-19, DPR Usul Sekolah Berasrama Rutin Dicek
Luhut Sebut Pandemi Buat Dunia Lebih Perhatikan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami