Wakapolri sebut 300 ribu personel dikerahkan amankan Lebaran 2018

PERISTIWA | 11 Juni 2018 17:29 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Lebaran 2018 tinggal hitungan hari. Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah melakukan mudik sejak akhir pekan lalu.

Wakapolri, Komjen Pol Syafruddin, menilai transportasi mudik 2018 tahun ini sudah lebih baik dari sebelumnya. Meskipun tak ada terlihat satu lonjakan di hari tertentu.

"Kelihatannya besok saya rasa atau paling tidak Rabu kalau kita Lebarannya hari Jumat lonjakannya besok. Sekarang ini sampai sekarang ini kita monitor ini cukup bagus karena jalan-jalan tolnya juga sudah sampai Semarang dan akses keluar juga sudah. Walaupun masih ada 100 km itu jalan fungsional tapi sudah bisa dimanfaatkan jadi nisa mengurai semua arus," kata Syafruddin di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (11/6).

Khusus Stasiun Gambir, juga sudah sangat baik dan tertib. "Ini cukup tertib saya sudah cek ini. Gambir saya rasa paling tertib. Tadi dijelaskan kalau hari-hari biasa itu 7 ribu, weekendnya 7 ribu. Tapi ini (mudik) lonjakan 20 ribu jadi tiga kali lipat aja. Tapi semua fasilitas bisa tampung," ujarnya.

Terkait soal pengamanan arus mudik Lebaran 2018, Polri mengerahkan sebanyak 300 ribu personel di sebar ke semua daerah di Indonesia. Jumlah personel sengaja diperbanyak mengantisipasi ancaman teror.

"Ada pengamanan khusus lah tertutup oleh tim tim khusus, ada pemgamanan khusus. Masyarakat enggak usah khawatir pokoknya diamankan," sebutnya.

Syafruddin mengimbau para pemudik yang akan meninggalkan rumahnya harus dipastikan benar-benar sudah aman.

"Gas-gas dirapikan apa semua. Digembok dititpkan ke RT, RW, Satpam dan sebagainya. Untuk menjaga kemanannya supaya rumah yang ditinggalakan kembali lagi aman," katanya.

Ditambahkan Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Purwadi, khusus di wilayah hukum Polda Metro Jaya ada 5.218 personel untuk melakukan pengamanan jalur arus mudik, terminal, stasiun hingga ke beberapa tempat hiburan atau wisata.

"Kita melaksanakan pengamanan mungkin nanti hari setelah lebaran mereka juga melakukan pengamanan di tempat-tempat hiburan seperti di Ancol kemudian di kebun binatang mungkin di Monas mungkin di Taman Mini dan tempat-tempat hiburan lainnya. Petugas menjamin keamanan bagi pengunjung ataupun mereka yang menggunakan transportasi. Semoga bisa mencapai tujuannya dengan selamat, lancar di jalan dan semuanya bisa aman dan terkendali," ujar Purwadi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Baca juga:
Pemudik di Stasiun Gambir capai 20 ribu per hari, kereta tambahan disiapkan
Menhub cek pelayanan arus mudik di Bandara Halim Perdanakusuma
H-4, pemudik padati Bandara Halim Perdanakusuma
Cara taklukkan tanjakan Jembatan Kali Kenteng, jangan malu gunakan piranti ini!
Pulang kampung, Ketua MPR Zulkifli Hasan bagi-bagi THR di Desa Pisang
Harga promo tiket Kereta Sleeper KAI Rp 900 ribu per orang
Keren, pedagang asongan di Terminal Rambutan patungan belikan tiket bus buat ibu ini

(mdk/lia)