Wakil Bupati Bogor Akui Bencana Muncul Karena Kawasan Konservasi Jadi Lokasi Wisata

Wakil Bupati Bogor Akui Bencana Muncul Karena Kawasan Konservasi Jadi Lokasi Wisata
PERISTIWA | 23 September 2020 22:31 Reporter : Rasyid Ali

Merdeka.com - Bencana banjir dan longsor kerap terjadi wilayah selatan Kabupaten Bogor. Seperti Puncak hingga perbatasan Sukabumi. Beralihnya kawasan konservasi menjadi wisata dan industri dituding jadi penyebabnya.

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan dengan tegas akan meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Satpol PP untuk melakukan operasi dan evaluasi terhadap bangunan-bangun yang berdiri di tebingan, hingga merusak stabilitas tanah.

"Kemungkinan memang banyak pembangunan yang tidak ramah lingkungan. Bangunan terlarang di kawasan konservasi yang menjadi lokasi wisata di tempat rawan longsor," kata Iwan, Rabu (23/9).

Menurutnya, banyak pengusaha mengeksploitasi alam. Hanya sekadar memanfaatkan keindahannya. Tanpa memikirkan dampak negatif yang akan ditimbulkan. Yakni merusak daya serap tanah terhadap air kala terjadi hujan lebat.

"Makanya, harus dievaluasi oleh bidang tata ruang dinas PUPR dan satpol PP untuk memeriksanya. Karena tidak hanya merusak lingkungan, tapi juga membahayakan wisatawan. Karena banyak bangunan yang tidak berizin juga," tegasnya.

Tanah longsor yang terjadi awal pekan lalu, paling parah terjadi di Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Kepala Desa Pancawati, Iqbal Jayadi menuding, longsor terjadi akibat makin bertambah bangunan di kawasan tebingan.

"Kontur tanahnya memang labil. Ditambah banyak bangunan di tebingan. Tahun ini ada tiga titik longsoran. Paling rawan kan di RW 1, RW 2 dan RW 8," kata Iqbal.

Longsor itu juga mengakibatkan 7 orang mengalami luka-luka akibat terjebak material longsor yang menutup jalan, saat korban sedang melintas di Kampung Leuweung Larangan RT02/12.

Menurutnya, ada 15 perusahaan mendirikan bangunan di atas lahan basah yang kemudian memicu bencana. "Ada resort, bila maupun tempat wisata lainnya

"Khawatir terjadi longsor susulan. Soalnya sudah masuk musim hujan lagi," tegasnya. (mdk/noe)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami