Wakil Ketua DPRD DKI Dukung Rencana Belajar Tatap Muka di Sekolah

Wakil Ketua DPRD DKI Dukung Rencana Belajar Tatap Muka di Sekolah
PERISTIWA | 22 November 2020 19:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mendukung langkah Menteri Pendidikan Nadiem Makarim terkait pembukaan belajar tatap muka di sekolah saat pandemi Covid-19.

"Sebagai unsur Pimpinan DPRD DKI Jakarta yang fokus terhadap pendidikan, saya sangat mendukung keputusan ini," kata Zira dalam keterangan tertulis, Minggu (22/11).

Dia menyebut kesempatan untuk anak-anak kembali bersekolah sudah ditunggu sejumlah pihak. Zita juga menyatakan anak-anak dan sekolah merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya seorang pelajar yang memilih mengakhiri hidupnya karena pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Seperti kasus seorang siswa di Kalimantan yang bunuh diri akibat stress tugas menumpuk, dan juga kasus seorang ibu yang tega membunuh anaknya (di Tangerang) akibat emosi sekolah daring," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, mengizinkan dibukanya kembali sekolah tatap muka meski Pandemi Covid-19 belum berakhir. Tetapi, dia berpesan agar pembukaan sekolah disesuaikan dengan kesiapan daerah tersebut.

"Pemerintah pada hari ini melakukan penyesuaian kebijakan untuk memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah Kanwil kantor kewenangan untuk menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah. Di bawah kewenangannya ini bisa saja secara serentak ataupun bertahap, tergantung kepada kesiapan masing-masing daerah sesuai dengan deskripsi kepala daerahnya berdasarkan evaluasi kepala daerahnya mengenai mana yang siap, mana yang tidak," kata Nadiem saat bersama sejumlah menteri terkait Pengumuman Surat Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19, Jumat (20/11).

Nadiem mengatakan kebijakan ini bisa diberlakukan mulai semester genap mendatang atau tahun ajaran 2020-2021.

"Jadinya bulan Januari 2021 jadi daerah dan sekolah diharapkan kalau siap untuk melakukan tatap muka kalau ingin mempertemukan harus segera meningkatkan kesiapannya untuk melaksanakan ini dari sekarang sampai akhir tahun," pesan Nadiem.

Reporter: Ika Defianti (Liputan6.com) (mdk/did)

Baca juga:
Syarat Sekolah di Bogor Gelar Belajar Tatap Muka
Gubernur Sumsel Instruksikan Daerah Simulasi Sebelum Belajar Tatap Muka Dimulai
Menengok Persiapan Rencana Pembukaan Sekolah dan Belajar Tatap Muka
Mau Belajar Tatap Muka di Kampus, 9 Mahasiswa Sleman Positif Covid-19
Satgas Covid-19 Minta Orang Tua Pastikan Anak 'Tak Mampir-Mampir' saat Pulang Sekolah
Dukung Sekolah Tatap Muka Mulai 2021, Menkes Pesan Tetap Disiplin Protokol Kesehatan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami