Wakil Ketua MKD Usul Tolak Laporan Sahabat Mahfud: Bambang Wuryanto Berhak Bicara

Wakil Ketua MKD Usul Tolak Laporan Sahabat Mahfud: Bambang Wuryanto Berhak Bicara
Wakil Ketua MKD Habiburokhman. ©2019 Merdeka.com/Nur Habibie
NEWS | 16 Agustus 2022 21:00 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Habiburokhman akan mengusulkan agar laporan terhadap Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto ditolak. Menurutnya, pernyataan politikus PDIP yang menyindir Menko Polhukam Mahfud MD terkait kasus penembakan Brigadir J adalah menjalankan salah satu tugasnya sebagai wakil rakyat.

"Kalau saya, nanti di rapat besok saya usulkan tentu kita tolak laporan yang seperti ini," ujar Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8).

MKD telah menerima laporan Koordinator Sahabat Mahfud Ferry Harahap terhadap Bambang Wuryanto. Habiburokhman menilai masyarakat perlu diedukasi agar tidak membuat laporan salah sasaran.

"Sudah terima, saya udah baca ya. Saya pikir ini orang-orang seperti ini kan perlu diedukasi. Masa orang ngomong menjalankan hak konstitusinya dilaporkan ke MKD, gitu kan yak," ujar politikus Gerindra ini.

2 dari 2 halaman

Nilai Pelapor Perlu Diedukasi

Habiburokhman menegaskan, Bambang Wuryanto hanya menggunakan hak konstitusinya untuk berbicara. Jadi laporan tersebut dinilai tidak beralasan.

"Haknya Pak Bambang kok bicara, kok dipersoalkan? Jadi sangat tidak beralasan. Menegakkan haknya, menggunakan hak konstitusional kok malah dilaporkan. Justru ini yang bagus, kurang keras malah," ujarnya.

Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Penyebabnya ucapan Pacul yang menyebut Menko Polhukam Mahfud MD sebagai menteri komentator.

Laporan tersebut dibuat Ferry Harahap, Koordinator Sahabat Mahfud pada Senin (15/8). Ferry menyayangkan pernyataan Pacul menyebut Mahfud sebagai menteri komentator.

"Kita sangat menyayangkan pernyataan dari Ketua Komisi III, Bapak Bambang Wuryanto ini karena selayaknya sesama pejabat negara saling mendinginkan suasana dengan memberi pernyataan yang menyejukkan kita semua," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (15/8). (mdk/yan)

Baca juga:
Sindir Mahfud MD, Ketua Komisi III Dilaporkan ke MKD
Puan Bentuk Tim Advance untuk Atur Pertemuan dan Pembahasan saat Safari Politik
Ketua Komisi III DPR Sindir Mahfud MD: Menteri Koordinator, Bukan Menteri Komentator
Daftar 477.777 Kader untuk Pemilu 2024, PDIP Ungkap Maknanya
Pemilu 2024, PDIP: Lebih Berat Karena Tanpa Dukungan Petahana
PDIP: Kalau Ganjar Maju dari Partai Lain, Dapat 30 Persen di Jateng Sudah Hebat

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini