Wakil Ketua MPR: Jangan Beri Ruang untuk Sikap Intoleran

PERISTIWA | 22 Januari 2020 17:26 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta semua pihak menjaga toleransi dan keberagaman. Menurut perempuan yang akrab dipanggil Rerie tersebut, Bhinneka Tunggal Ika merupakan gambaran persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.

"Penting bagi semua pihak untuk menjaga keberagaman dan toleransi dalam semua aspek. Jangan beri ruang untuk sikap intoleran," ujar Rerie yang juga politisi Partai NasDem itu kepada wartawan, Rabu (22/1).

Pernyataan Rerie itu menanggapi masih ditemukannya persoalan intoleransi yang terjadi di Indonesia. Termasuk yang baru-baru ini terjadi terkait penolakan pembangunan rumah ibadah di Kota Tanjungbalai, Karimun, Kepulauan Riau.

"Pemerintah harus segera menyelesaikan persoalan ini dan persoalan-persoalan serupa," lanjutnya.

Dia berharap agar para pemangku kepentingan untuk mencari akar penyebab, kemudian memberikan solusi persoalan tersebut.

"Keberagaman adalah kekayaan. Keberagaman jangan dilihat sebagai ancaman. Apalagi hingga menimbulkan kebencian yang menjurus pada aksi intoleran. Semua pemangku kepentingan harus segera mencari akar penyebab dan solusi dari persoalan ini dan persoalan serupa," pungkasnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Bamsoet Sebut Pimpinan KPK Curhat Soal Hubungan Kerja dengan Dewan Pengawas
KPK Tunggu Kepatuhan Wantimpres, Anggota DPR dan Pimpinan MPR Lapor LHKPN
Pimpinan KPK Silaturahmi ke MPR
Bertemu Pimpinan Baru, Ketua MPR Minta KPK Tak Ganggu Iklim Investasi
Terima Pimpinan KPK, MPR Minta Jiwasraya dan Asabri Diberi Perhatian Khusus
Pimpinan KPK Temui MPR Siang Ini, Apa yang Dibahas?

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.