Wakil Wali Kota Medan Menangis Saat Tahu Dzulmi Eldin Ditangkap KPK

PERISTIWA | 16 Oktober 2019 13:18 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasutian, mengaku terkejut dan sedih mendapat informasi mengenai operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin. Dia bahkan menangis.

"Iya (menangis). Beliau (Dzulmi Eldin) abang saya. Saya hormat sama dia. Kami semuanya hormat kepada Pak Wali," kata Akhyar, Rabu (16/10). Ketika itu dia ditanya wartawan mengenai apakah matanya merah karena baru menangis.

Ahyar mengaku berkomunikasi terakhir kali dengan Dzulmi Eldin kemarin. Ketika itu, dia dan staf lainnya melaporkan pekerjaan.

Terkait kasus OTT itu, Akhyar mengaku belum mengetahui informasi detilnya. Mereka baru sebatas mendapatkan informasi dari media massa.

Namun Akhyar mengakui sejumlah ruangan di Kantor Wali Kota Medan disegel KPK. Begitu juga dengan ruangan di Kantor Dinas PU Kota Medan.

"Mengenai apa dan siapa itu kami belum dapat konfirmasi dari KPK. Kami hanya dapat informasi dari media," ucapnya.

Politikus PDIP ini pun belum mendapatkan informasi mengenai proyek apa yang berujung pada OTT. Pihaknya sama sekali belum mendapat konfirmasi dari KPK.

Saat ini, kata Akhyar, mereka terus berkoordinasi terkait kejadian ini. Dia bersama Sekda Wiriya Alrahman dan sejumlah pejabat teras Pemkot Medan lainnya telah melakukan rapat. "Kami akan konsolidasi dulu, yang penting pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik," ucapnya.

Mengenai bantuan hukum, Akhyar mengatakan, Pemkot Medan masih memantau situasi. Mereka pun siap membantu dan memberi keterangan yang dibutuhkan KPK.

"Saya belum bisa membuat langkah-langkah lebih lanjut, karena belum tahu informasinya," jelas Akhyar.

Terkait kejadian ini, Akhyar mengimbau para PNS untuk bekerja seperti biasa dan menghindari perbuatan melanggar hukum. "Kepada masyarakat juga tolong kami pejabat pemerintahan ini jangan dibebani dengan permohonan bantuan dana. Permohonan proposal kurangi kepada semua pejabat," imbaunya.

Seperti diberitakan, KPK melakukan OTT terhadap Wali Kota Medan Dzulmi Eldin sejak tadi malam hingga dinihari tadi. Selain dia, enam orang turut diamankan lembaga antirasuah itu.

Baca juga:
Mendagri: Kalau KPK OTT, Sudah Cukup Alat Bukti. Tak Perlu Diperdebatkan
Terjaring OTT, Wali Kota Medan Digiring ke Gedung KPK
VIDEO: Menelusuri Ruang Kerja Wali Kota Medan yang Kena OTT KPK
Terjaring OTT, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin Tiba di KPK
Terjaring OTT KPK, Empat Orang Diterbangkan dari Medan ke Jakarta

(mdk/cob)