Wakil Wali Kota: Yogyakarta Sampai Saat Ini Zona Oranye Covid-19

Wakil Wali Kota: Yogyakarta Sampai Saat Ini Zona Oranye Covid-19
tugu yogyakarta. blogspot.com
PERISTIWA | 24 November 2020 08:49 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Beredar kabar di media sosial bahwa kondisi di Kota Yogyakarta berada dalam zona merah Covid-19. Selain itu, beredar pula kabar bahwa kamar rumah sakit di Kota Yogyakarta penuh dan tak bisa menampung pasien lagi.

Menanggapi kabar tersebut, Wakil Wali kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi membantahnya. Heroe menyebut bahwa kabar tersebut tidak benar.

"Berdasarkan data Satgas Covid Kota Yogyakarta, dari 45 kelurahan ada 9 masuk zona kuning, 36 zona oranye. Dan tidak ada kelurahan yang masuk zona merah. Oleh karena itu, kota Yogyakarta sampai saat ini kategorinya zona oranye," ujar Heroe dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/11).

Heroe menuturkan bahwa penghitungan untuk menentukan indeks zona untuk Covid di dasarkan atas tiga indikator utama. Ketiga indikator ini adalah epidemiologi, surveilans, dan ketersediaan layanan kesehatan yang dibagi menjadi 14 variabel.

Heroe menjabarkan 14 variabel layanan kesehatan ini diantaranya menyangkut angka kenaikan atau penurunan kasus positif, kesembuhan dan kematian. Juga jumlah spesimen yg diperiksa dan angka positif rutenya serta ketersediaan kamar isolasi maupun ICU.

"Dari indikator dan variabel tersebut (Kota) Yogya ada di zona oranye. Jadi tidak benar di DIY semua zona merah. Bahkan berdasarkan data dari DIY, ada dua kabupaten zona merah, dua zona oranye dan satu zona zona kuning. Jadi di tingkat DIY pun masuk kategori zona oranye," papar Heroe.

Sementara fasilitas kesehatan di Kota Yogyakarta, Heroe menuturkan bahwa ketersediaan kamar di Kota Yogya masih cukup tersedia. Heroe menjabarkan bahwa ada 7 rumah sakit di Yogya, kamar ICU ada 13, dan kamar isolasi ada 128 kamar. Dari jumlah tersebut masih ada kamar yang bisa dipakai.

"Sehingga tidak benar kalau semua kamar (RS) sudah terisi. Kita selalu pantau terus perkembangan kasus dan ketersediaannya, sehingga kita terus upayakan semua fasilitas dan layanan kesehatan bisa terus memadai untuk antisipasi perkembangan kasusnya," ungkap Heroe.

Baca Selanjutnya: Heroe menuturkan bahwa perkembangan kasus...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami