Wali Kota Solo Siapkan Skenario Penerapan New Normal

Wali Kota Solo Siapkan Skenario Penerapan New Normal
PERISTIWA | 26 Mei 2020 22:05 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo tengah mempersiapkan tatanan kehidupan normal baru atau new normal. Jokowi mengunjungi sejumlah fasilitas umum untuk memantau persiapan dan penerapan protokol kesehatan.

Masyarakat pun akan segera menjalankan kehidupan baru di tengah pandemi covid-19 yang telah berlangsung selama dua bulan lebih.

Menyambut rencana hidup berdamai dengan covid-19 itu Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo mengaku sedang mempersiapkan infrastruktur pendukung. Dia berharap masyarakat siap dengan pola kehidupan baru setelah selama 2 bulan hanya berada dan bekerja dari rumah.

"Ini baru kita proses infrastrukturnya. Jadi nanti normal (untuk siswa) itu bisa 30 di sekolah 70 di rumah, bisa seperti itu," ujar Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo, Selasa (26/5).

Skenario lain untuk siswa, 50 persen di sekolah dan 50 persen lainnya belajar di rumah. Sedangkan untuk karyawan, 50 persen di kantor, 50 persen lainnya bekerja dari rumah.

"Kalau kita menerapkan jaga jarak, kantor tidak punya tempat. Ruangan habis," katanya.

Selain itu, penerapan protokol kesehatan Covid-19 seperti penggunaan masker dan physical distancing atau jaga jarak tetap diutamakan.

Selain meninjau sejumlah fasilitas umum, untuk mendukung new normal, pemerintah juga akan menerjunkan petugas kepolisian dan TNI di beberapa titik keramaian. Tujuannya adalah untuk menertibkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Sehingga meskipun masyarakat beraktifitas, namun penularan Covid-19 bisa dicegah. (mdk/noe)

Baca juga:
Ridwan Kamil Sebut saat New Normal, TNI-Polri bakal Jaga Pasar & Mal
New Normal, Ridwan Kamil Batasi Jumlah Pengunjung di Mal & Restoran
Wali Kota Bekasi Izinkan Rumah Ibadah di Zona Hijau Dibuka Pekan Depan
Jokowi Tinjau Kesiapan Prosedur New Normal di Mal Bekasi
Pemprov Jabar Siap Jalani New Normal, Toko dan Mal Segera Dibuka Kembali
Sambut Kenormalan Baru, BNI Optimalkan Layanan Transaksi Digital

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Putar Otak Bisnis Ritel Hadapi Corona

5