Wali Kota Tarakan: Aparatur RT Punya Peran Penting Cegah Penyebaran Covid-19

Wali Kota Tarakan: Aparatur RT Punya Peran Penting Cegah Penyebaran Covid-19
PERISTIWA | 18 Agustus 2020 17:14 Reporter : Haris Kurniawan

Merdeka.com - Wali Kota Tarakan Khairul mengungkapkan, letak geografis Tarakan sebagai daerah transit dan pintu masuk menuju Provinsi Kalimantan Utara membutuhkan peran aktif aparatur RT yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Kata dia, peran penting menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayahnya ialah kehadiran RT Siaga Covid-19. Program ini merupakan bentukan Pemkot Tarakan bekerjasama dengan pengurus RT di 20 kelurahan.

Pengurus RT bersinergi dengan pihak lain, mulai dari fasilitas kesehatan Babinkkamtibmas atau Babinsa dan Pemkot Tarakan. Tugas mereka memantau kondisi masyarakat di lingkup rukun tetangga, mulai dari kesehatan, logistik hingga arus keluar masuk orang.

Pemkot juga sering berkomunikasi dan melakukan pertemuan tatap muka bersama mereka.

"Bagaimana melapor orang masuk ke daerah masing- masing ke satgas, karena data kita setiap hari kalau di bandara ada 1.000 orang masuk, 500 sampai 1.000 orang keluar. Dari pelabuhan itu ada 1.000 orang yang masuk, ini tentu kerawanan yang luar biasa, setelah dia tiba dari bandara dan pelabuhan, bagaimana kita mengawasi mereka ketika sampai di RT nya masing-masing," ujar Khairul.

Tugas RT Siaga Covid-19 bakal terus berlanjut pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Tujuannya kali ini mencegah terjadinya gelombang kedua (second wave) kasus positif Covid-19 di Bumi Paguntaka.

"Bulan Agustus pintu masuk kita longgarkan tetapi nanti di level RT dan perusahaan diharapkan bisa membantu dalam melihat keluar masuk warga Tarakan dan menyelenggarakan isolasi mandiri. Kalau perusahaan itu kita berharap mereka lakukan isolasi yang disiapkan mereka. Apakah itu di area kantor atau di luar. Tapi, apabila orang yang datang membawa hasil PCR yang masih berlaku dan negatif Covid-19. Mereka tidak perlu isolasi."

"Jadi, RT Siaga Covid-19 masih akan kita fungsikan lagi dalam new normal life. Harapan kami, walaupun dilakukan pelonggaran tetapi kita bisa hindari second wave,” tambahnya. (mdk/hrs)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami