Wali Kota Tarakan Hadiri Penyerahan Zakat Melalui Baznas

Wali Kota Tarakan Hadiri Penyerahan Zakat Melalui Baznas
PERISTIWA | 13 Mei 2020 15:15 Reporter : Rizlia Khairun Nisa

Merdeka.com - Wali Kota Tarakan, Khairul, menghadiri Penyerahan Zakat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tarakan serta Forkopimda Kota Tarakan Melalui Baznas. Acara berlangsung di Gedung Lubung Pemkot Tarakan, Rabu (13/5).

Pada sambutannya, Wali kota Tarakan Khairul mengatakan, kegiatan penyerahan zakat ini merupakan bentuk kepedulian antar sesama khususnya untuk masyarakat kurang mampu. Kegiatan ini juga menjadi contoh untuk masyarakat yang hingga saat ini masih dianggap mampu agar tetap bisa berzakat di tengah masa-masa sulit dampak dari pandemi Covid -19.

Khairul juga mengakui, Covid-19 benar-benar membuat dampak ke seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, namun khusus masyarakat yang masih memiliki harta lebih bisa menunjukkan kepedulian antar sesama melalui zakat ini.

"Saya tahu bahwa di masa masa sulit seperti ini, semua kalangan masyarakat itu tengah kesulitan, namun perlu dilihat lagi bahwa masih ada masyarakat yang tidak mampu lebih mengalami kesulitan karena terdampak dari pandemi Covid -19, khususnya masyarakat yang harus berkurang penghasilan sehari-hari nya karena tidak bisa bekerja selama pandemi ini, karena itu lah kita bersama Forkopimda membantu dengan zakat melalui Baznas Tarakan ini," ujar Khairul.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian Baznas Tarakan Syamsi Sarman memaparkan, puasa yang tersisa 10 hari ini, pihak Baznas baru berhasil mengumpulkan dana sebanyak 207 Juta Rupiah. Ini juga diakui Syamsi mengalami penurunan yang cukup Signifikan dibandingkan tahun lalu di mana tahun lalu Baznas berhasil mengumpulkan dana zakat sebesar 2,3 miliar Rupiah.

"Memang cukup signifikan penurunannya namun kita tetap optimis bisa mendekati jumlah pengumpulan dana zakat seperti tahun lalu, karena saat ini kita belum mengumpul dana zakat yang dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dari masjid-masjid. Tahun lalu saja dana zakat dari UPZ itu bisa terkumpul sekitar1.5 Miliar Rupiah," papar Syamsi.

Sementara itu juga hadir dalam acara kali ini Ketua DPRD Kota Tarakan, Sekda Kota Tarakan, Asisten sekda Kota Tarakan, Forkopimda Kota Tarakan, Ketua Baznas Kota Tarakan, serta instansi Vertikal di Kota Tarakan. (mdk/hhw)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami