Walikota Bekasi Protes: 60 Persen Zona Hijau, Tapi Masuk PPKM Level 4

Walikota Bekasi Protes: 60 Persen Zona Hijau, Tapi Masuk PPKM Level 4
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. ©2020 Merdeka.com
NEWS | 22 Juli 2021 08:31 Reporter : Adi Nugroho

Merdeka.com - Kementerian Dalam Negeri menempatkan Kota Bekasi berada di level 4 penerapan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) perpanjangan 21-25 Juli 2021.

"Saya tidak yakin kalau berada di level 4, tapi faktanya sudah diputuskan, enggak apa-apa. Kita berusaha untuk meningkatkan, jangan empat hari lagi (26 Juli) kita ada di level 4, minimal level 1," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Rabu, (21/7).

Rahmat mengungkap, wilayahnya 60 persen berada di zona hijau. Kondisi ini terus membaik sejak diberlakukannya PPKM Darurat selama dua pekan terhitung sejak 3 Juli sampai dengan 20 Juli.

Berdasarkan hasil evaluasi, kata dia, tidak ada zona merah di tingkat RT, adapun zona hijau tercatat sebanyak 5.416 RT, zona oranye 107 RT dan zona kuning tercatat 1.612 RT.

"Artinya enggak jelek-jelek amat. Ada 60 persen lebih masih zona hijau dilihat dari data yang ada," kata Rahmat Effendi.

Berdasarkan data pengendalian Covid-19 yang dimiliki pemerintah daerah ini, Rahmat akan menyampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri sebagai bahan evaluasi penetapan status leveling pada 26 Juli mendatang.

"Kalau level 4, berat, ekonomi kita enggak jalan semua," ucap Rahmat Effendi.

Dilansir dari situs corona.bekasikota.go.id, kasus aktif di Kota Bekasi sekarang tercatat sebanyak 6.260. Terdapat penambahan kasus sebanyak 1.971 dalam sehari, sedangkan pasien sembuh 1449. Secara kumulatif sebanyak 72.872. Adapun pasien meninggal dunia bertambah 10 orang menjadi 953. (mdk/rnd)

Baca juga:
Khofifah Evaluasi PPKM Darurat: Testing Naik, Kasus Naik, Keterisian RS Flat
Pemkot Bogor Kembali Berlakukan Ganjil Genap pada 23-25 Juli 2021
Aturan PPKM Level 4, Penyekatan Kembali Diterapkan di Jalan Kota Tasikmalaya
Sri Mulyani Akui Penerapan PPKM Tekan Konsumsi Rumah Tangga
Sepinya Little Tokyo Blok M Akibat PPKM
Ini Daftar Lengkap Nominal Bansos untuk Rakyat Miskin, Warteg, PKL, Hingga UMKM

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami