Wapres JK Ingatkan Pemerintah Telah Beri Perhatian Khusus untuk Papua

PERISTIWA » MALANG | 20 Agustus 2019 16:08 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta kepada publik agar tidak memandang sebelah mata terkait sikap Indonesia pada Papua dan Papua Barat. Dia menilai, pemerintah sudah memberikan perhatian besar kepada wilayah yang kini sedang terjadi insiden di Manokwari.

Dia menjelaskan, subsidi untuk wilayah tersebut diberikan lebih besar dari penghargaan yang diberikan PT Freeport. Dari sektor ekonomi juga banyak mengira bahwa Indonesia yang mengambil sumber daya alam (SDA).

"Tapi untuk diketahui, semua penghasilan besar itu Freeport dan gas itu kurang lebih Rp 20 triliun pajak royaltinya. Tapi negara, pemerintah memberikan anggaran, pembangunan, subsider hampir Rp 100 triliun. Jadi Papua itu disubsidi habis," kata JK di Kantornya, Jalan Merdeka Utara, Selasa (20/8).

Politikus Golkar itu menjelaskan, pemerintah telah berusaha untuk membangun Papua dengan wilayah lain. Kemudian dia juga menuturkan Papua juga memiliki otonomi politik yang istimewa dibanding daerah lainnya. Salah satunya adalah, gubernur harus berasal asli dari Papua.

"Papua itu luar biasa otonominya. Tapi Gubernur di Papua tapi secara hukum, teman-teman Papua bisa gubernur di Jakarta, Jabar. Tapi orang Jakarta, Jabar dan lain-lain," tutup JK.

Baca juga:
Pesan Wapres JK untuk Ustaz Abdul Somad: Beri Khotbah Harus Adem
VIDEO: Tanggapan JK Soal Ceramah Ustad Abdul Shomad di Polisikan
Wapres JK Minta Kejadian di Malang dan Surabaya Picu Rusuh di Papua Diselesaikan
JK Mau Insiden Pengepungan Asrama Mahasiswa Papua Hingga Rusuh di Manokwari Diusut
JK: Mengubah Konstitusi Bukan Mustahil Selama Mukadimah Tak Diubah
Wapres Jusuf Kalla Resmikan Program Gerakan Nasional 1000 Startup
Wapres JK: Tiru China yang Efisien Lakukan Inovasi di Ekonomi Digital

(mdk/fik)