Wapres Maruf Amin: Globalisasi Ancam Nasionalisme, Lawan Dengan SDM Unggul

Wapres Maruf Amin: Globalisasi Ancam Nasionalisme, Lawan Dengan SDM Unggul
PERISTIWA | 10 Juli 2020 09:15 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menilai globalisasi tidak hanya membuka peluang kemajuan suatu negara, tapi juga mengancam hilangnya rasa cinta Tanah Air. Demi mencegah hal tersebut, Ma'ruf ingin cara mencintai bangsa dipupuk dengan cara-cara lama.

"Kita harus mampu memberikan pengertian nasionalisme yang kontekstual, bukan tekstual, apalagi yang dogmatis," kata Ma'ruf Amin lewat keterangan pers diterima, Jumat (10/7/2020).

Ma'ruf Amin mengungkap, nasionalisme dalam konteks dunia hari ini adalah kemampuan untuk memegang jati diri kebangsaan dengan menghargai perbedaan. Karenanya, Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul adalah suatu hal yang mutlak.

"Melakukan kolaborasi dan kemampuan berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional," jelas dia.

Ma'ruf Amin menegaskan, untuk berkompetisi bukan kekayaan alam atau kekuatan senjata yang diperlukan tapi kemampuan manusianya. Dia mencontohkan, di dalam SDM yang unggul terdapat jiwa yang sehat, cerdas, produktif, kompetitif, dan berakhlak baik.

Wapres Ma'ruf Amin meyakini, SDM unggul mampu menghadapi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang sedang dialami Indonesia dan negara-negara lain di dunia.

Karenanya diperlukan karakter-karakter tersebut untuk bersama-sama melawan pandemi global ini dengan persatuan dan jiwa nasionalisme yang tinggi.

"Saya berharap saudara sekalian dalam mengikuti pendidikan ini tidak hanya mendalami tema-tema baku, tapi juga dapat turut menyumbangkan pikiran dalam menemukan solusi-solusi kreatif dan inovatif bagi bangsa dalam menghadapi wabah virus Covid-19," pinta Wapres.

Sebagai informasi, seluruh pernyataan tersebut diberikan Ma'ruf Amin saat memberikan Kuliah Umum kepada Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LX dan PPRA LXI Tahun 2020 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI, melalui video conference di kediaman dinas Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat. (mdk/ded)

Baca juga:
Lukman Edy: Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019 Sesuai Putusan MK dan MA
Wapres Minta Kesehatan dan Ekonomi Harus Seimbang Dalam Penerapan New Normal
Wapres Ma'ruf Amin Ingatkan Pesantren Jangan Jadi Klaster Baru Covid-19
Wapres Dorong Fungsi Masjid Ditingkatkan untuk Perkuat Ekonomi Umat
Wapres Ma'ruf Ajak Mendikbud dan Menag Cek Kesiapan New Normal di Sukabumi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami