Wapres Ma'ruf Ingatkan Peran MUI Sebagai Pelayan Umat dan Mitra Pemerintah

Wapres Ma'ruf Ingatkan Peran MUI Sebagai Pelayan Umat dan Mitra Pemerintah
PERISTIWA | 28 November 2020 09:37 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan selamat kepada segenap jajaran Pimpinan MUI dan seluruh peserta Munas X MUI dan susunan kepengurusan periode 2020-2025. Ma'ruf mengaku bangga karena hal itu lahir dari proses musyawarah dan kesepakatan Garis Besar Program MUI untuk lima tahun ke depan.

"Pemerintah dan masyarakat memiliki harapan besar kepada MUI untuk terus menjalankan perannya yang sangat vital," ujar Ma'ruf dalam pidato seperti dikutip dari siaran pers diterima, Sabtu (28/11).

Peran vital, lanjut Ma'ruf, adalah sebagai khadimul ummah atau pelayan umat, sekaligus sebagai shadiqul hukumah atau mitra pemerintah.

Menurut Ma'ruf, kunci keberhasilan dalam melaksanakan peran itu adalah dengan konsistensi pengurus MUI dalam menegakkan prinsip (mabda') dan garis organisasi (khittah) yang telah menjadi tradisi para pengurus MUI dari masa ke masa.

"Selama kedua prinsip itu menjadi pedoman, maka kepercayaan atau trust masyarakat dan pemerintah akan terjaga," jelas dia.

Ma'ruf mendoakan, pimpinan dan seluruh jajaran pengurus MUI periode 2020-2025 bisa selalu Istiqamah. Sebab, MUI mengemban harapan Pemerintah dan masyarakat sebagai penjaga agama, sebagai sumber inspirasi dan landasan berpikir, sekaligus kaidah.

"MUI penuntun di dalam kehidupan kita bermasyarakat, berbangsa, dan, bernegara dan juga penjaga agama dari upaya-upaya penodaan," kata Ma'ruf.

Reporter: M Radityo

Sumber: Liputan6.com (mdk/bal)

Baca juga:
Tokoh 212 Tak Masuk Kepengurusan, Komisi VIII Sebut MUI Bukan Organisasi Politik
Terdepak, Tokoh 212 Tak Masuk Kepengurusan MUI 2020-2025
KH Miftachul Achyar Jadi Ketua Umum MUI
MUI Mengeluarkan Lima Fatwa pada Musyawarah Nasional X
Din Syamsuddin: Pimpinan MUI Jangan Rangkap Jabatan Politik

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami