Wapres Ma'ruf: Jaga Demokrasi Kita, Jangan Sampai Melenceng

Wapres Ma'ruf: Jaga Demokrasi Kita, Jangan Sampai Melenceng
Wapres Maruf Amin. ©2020 Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra
PERISTIWA | 28 Oktober 2020 14:16 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berpendapat, demokrasi menjadi pilihan sistem pemerintahan terbaik karena dapat mengakomodasi beragamnya kepentingan dan aspirasi masyarakat. Demokrasi juga dapat berperan sebagai wadah pengikat kesepakatan nasional yang harus dihormati dan dijaga oleh seluruh masyarakat.

"Demokrasi sebagai pilihan sistem pemerintahan harus dibangun di dalam kerangka penguatan kesepakatan-kesepakatan nasional tersebut," kata Ma'ruf pada acara Anugerah Teropong Democracy Award 2020 melalui virtual, Rabu (28/10).

"Oleh karena itu pula kita harus senantiasa menjaga jangan sampai perkembangan demokrasi kita melenceng atau melemahkan dasar-dasar bangunan besar NKRI, yaitu Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," tambahnya.

Ma'ruf mencatat, saat ini Indonesia masih kerap menghadapi tantangan dari pemahaman, sikap dan tindakan sebagian pihak yang tidak menghormati atau bahkan mengingkari kesepakatan. Dia mengimbau agar seluruh elemen masyarakat dapat memajukan kembali dialog, menjaga kesepakatan dan mengimplementasikan pelaksanaan demokrasi dengan damai.

"Sebagai bangsa yang menghormati hak-hak asasi manusia, maka setiap orang berhak untuk berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat yang dijamin oleh konstitusi. Namun demikian pelaksanaan hak tersebut harus diikuti dengan kewajiban untuk menghormati hak asasi manusia orang lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," tuturnya.

Ma'ruf kembali berpesan bahwa diperlukan komitmen dan dukungan dari seluruh elemen bangsa untuk menjaga dan mewujudkan demokrasi dalam bingkai NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Demokrasi harus mampu ditempatkan sebagai proses yang mempersatukan berbagai upaya untuk mencapai tujuan berbangsa dan bernegara.

"Apabila terdapat perbedaan, maka harus digunakan cara-cara yang konstitusional dan tidak melanggar hukum, serta harus dihindari adanya perpecahan serta konflik yang dapat merugikan kehidupan berbangsa dan bernegara," pungkas Ma'ruf. (mdk/ray)

Baca juga:
Hari Sumpah Pemuda, Ma'ruf Amin Ajak Anak Muda Bersatu Wujudkan Indonesia Maju
Hidupkan Tradisi, Wapres Ma'ruf Dukung Program Magrib Mengaji
Wapres: Lembaga Keuangan Syariah Makin Terkonsolidasi Setelah Lahirnya OJK
Wapres: Keuangan Syariah Mampu Jadi Instrumen Akselerasi Ekonomi Akibat Pandemi
Wapres: Merger Bank Syariah BUMN Diharapkan Mampu Bersaing di Tingkat Global

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami