Wapres Minta IPNU Jaga Pemahaman Islam Moderat

Wapres Minta IPNU Jaga Pemahaman Islam Moderat
Wapres Ma'ruf Amin. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 24 Februari 2020 06:25 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin menghadiri acara Maulid dan Tasyakur Hari Lahir Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ke-66 di GOR Soemantri Brojonegoro, Rasuna Said, Jakarta Selatan. Wapres Ingin IPNU semangat mengawal keagamaan dan kebangsaan.

Wapres menjelaskan, bahwa ajaran yang dibawa NU adalah Islam yang moderat. Oleh karena itu, IPNU sebagai bagian dari NU harus turut menjaga pemahaman tentang Islam moderat ini.

"Moderat itu artinya tidak tekstual, tidak liberal, (dan) tidak radikal," kata Wapres, Minggu (24/2).

Namun, menurut Wapres, Islam moderat yang diajarkan NU tidak statis, artinya terus bergerak atau dinamis menyesuaikan perkembangan zaman.

"Karena itu NU terus melakukan aktualisasi. Walaupun dinamis tetapi tidak liberal. Karena NU ber-manhaj, ada metodologi yang digunakan dalam cara berpikirnya," terang Wapres.

Wapres menyebutkan, sebagai organisasi yang lahir di zaman penjajahan, NU juga memiliki semangat dan tanggung jawab kebangsaan.

"Semangat yang dibangun oleh NU adalah semangat hubbul wathon minal iman, cinta tanah air sebagian daripada iman," ungkapnya.

Baca Selanjutnya: Lanjutkan Semangat NU...

Halaman

(mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami