Wapres: Sampaikan Kritik dengan Baik dan Santun agar Tidak Memicu Konflik

Wapres: Sampaikan Kritik dengan Baik dan Santun agar Tidak Memicu Konflik
Wapres Maruf Amin. ©Istimewa
PERISTIWA | 27 Februari 2021 13:58 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyoroti maraknya ujaran kebencian di media sosial. Ma'ruf mengimbau agar masyarakat lebih baik dalam mengutarakan pendapat di dunia maya.

"Fenomena maraknya ujaran kebencian di masyarakat, terutama di media sosial telah memicu terjadinya konflik antar kelompok atau golongan. Dalam kesempatan kali ini, saya mengimbau agar kita semua dapat lebih bijak dalam menyampaikan pendapat, ide, gagasan," katanya pada Kongres ke-6 Ikatan Alumni Universitas Kristen Indonesia (IKA UKI) Tahun 2021, Sabtu (27/2).

Ma'ruf meminta masyarakat tidak menyakiti orang lain atau golongan tertentu ketika menyampaikan pendapatnya. Kemudian, memakai narasi yang sejuk ketika memberikan pandangan.

"Dengan cara-cara yang santun tanpa menyakiti seseorang, kelompok, maupun golongan. Gunakanlah narasi-narasi kerukunan, narasi-narasi yang sejuk dan merangkul. Bukan narasi konflik dan kebencian," tuturnya.

Menurutnya, sebagai negara demokrasi, perbedaan pendapat merupakan suatu hal yang wajar. Pro dan kontra suatu masalah, kata Ma'ruf, adalah sebuah keniscayaan.

"Sampaikan kritik dengan cara-cara yang baik dan santun, sehingga tidak menimbulkan salah tafsir dan juga memicu konflik," pungkasnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Mengenal Teknis Virtual Police, Polisi Tegur hingga Ancam Pidana Akun Medsos
Kabareskrim: Virtual Police Peringatkan Akun Medsos Penyebar Konten Ujaran Kebencian
Polisi Perpanjang Penahanan Ambroncius Nababan Terkait Kasus Ujaran SARA
Kapolri: Pelaporan UU ITE Bersifat Delik Aduan Tak Lagi Bisa Diwakilkan
Pesimis Penangguhan Penahanan Dikabulkan, Gus Nur Siap Meninggal di Rutan Bareskrim

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami