Warga 4 Negara Episentrum Corona Masuk Indonesia Harus Memiliki Sertifikat Sehat

Warga 4 Negara Episentrum Corona Masuk Indonesia Harus Memiliki Sertifikat Sehat
PERISTIWA | 4 Maret 2020 19:41 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Pemerintah menegaskan akan melarang WNA dari negara-negara episentrum virus Corona (COFID-19) jika tidak memiliki beberapa persyaratan. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan jika WNA empat negara yaitu Korea, Iran, Italia, dan Jepang harus memiliki sertifikat kesehatan, cerita perjalanan sampai akhirnya mereka sampai di Indonesia.

"Imigrasi juga sudah kita tekankan bagaimana perlakuan-perlakuan terhadap 4 negara setelah China, episentrum baru. Satu yang paling pasti ada sertifikat healthy, travel storynya," kata Moeldoko di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (4/3).

Dia pun tidak merinci terkait sertifikat tersebut. Tetapi dia menjelaskan hal tersebut akan dikeluarkan dari negara mereka atau sebelum mereka menuju ke Indonesia.

"Tetapi ada pernyataan dari otoritas kesehatan, bahwa yang bersangkutan tidak dalam keadaan sakit, selama kurun waktu sekian hari," kata Moeldoko.

Moeldoko menjelaskan tidak ada perlakuan khusus di Bandara bagi empat negara. Perlakuan tetap sama seperti negara-negara lain.

"Kalau standar-standarnya ngikutin negara lain, harus ada. Healty body, ada suhu badan," ungkap Moeldoko.

Baca Selanjutnya: Pemerintah Buka Peluang Batasi Penerbangan...

Halaman

(mdk/gil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami