Warga Bandar Lampung Tangkap Buaya Muara yang Bikin Resah

Warga Bandar Lampung Tangkap Buaya Muara yang Bikin Resah
ilustrasi buaya. pixabay.com ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 3 Maret 2021 01:02 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Warga Kelurahan Kaliawi, Kota Bandarlampung, menangkap seekor buaya muara sepanjang 1 meter di kali (sungai) setempat yang telah meresahkan masyarakat dengan jerat tradisional.

"Senin (2/3) sore sekitar pukul 16.00, kita menangkap (buaya dengan, red) menggunakan jerat tradisional," kata salah seorang warga Kaliawi RT 4, Agus Santoso, di Bandarlampung dilansir Antara, Selasa (2/3).

Menurut pengakuannya, buaya tersebut sering terlihat sedang berjemur di tepi Kali Kaliawi dalam beberapa pekan belakangan dan itu sedikit membuat warga setempat keresahan.

"Sebenarnya ada dua (buaya) yang sering terlihat, satu ukurannya kecil dan satu lagi, ya, besar, yang tertangkap ini yang ukuran kecil," kata dia.

Namun, buaya yang ukuran besar sudah tidak terlihat lagi. Oleh karena itu, warga sedang memancingnya dengan menggunakan daging ayam yang digantung di sekitar jembatan dekat kali.

"Buaya berukuran sekitar 1 meter dengan berat sekitar 15 kilogram tersebut saat ini sudah berada di rumah ketua RT dengan mulut dan kakinya diikat, sebab tenaganya lumayan kuat," kata dia.

Ia pun mengatakan bahwa rencananya buaya tersebut akan diserahkan ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

"Nanti kita serahkan ke BKSDA dan kalau mereka sudah kemari untuk mengambil buaya ini kami akan minta mereka menelusuri aliran Sungai Kaliawi untuk mencari buaya yang satu lagi," kata dia. (mdk/ray)

Baca juga:
Babi Hutan Masuk Kampung di Garut, 3 Warga Luka Diseruduk
Niat Cari Sinyal di Gunung, Remaja Ini Malah Ketemu Harimau
Ciri-ciri Reptilia beserta Keunikannya, Ketahui Macam Klasifikasinya
Bayi Hiu Mirip Manusia di Rote Ndao Diawetkan Menarik Perhatian Media Asing
Kasihan, Domba Liar Ini Punya Bulu Seberat 35 Kg

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami