Warga Jambi Tak Pakai Masker akan Disanksi Administrasi

Warga Jambi Tak Pakai Masker akan Disanksi Administrasi
PERISTIWA | 14 Agustus 2020 21:03 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi memberlakukan sanksi administrasi Rp50 ribu bagi warga yang tidak menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Diberlakukannya kembali sanksi administrasi tersebut karena sanksi fisik dan kerja sosial terhadap warga yang tidak menggunakan masker tersebut tidak menimbulkan efek jera. Gugus Tugas Covid-19 kembali menerapkan sanksi tersebut agar warga mematuhi protokol kesehatan.

"Sanksi administrasi bagi warga yang tidak menggunakan masker akan diterapkan kembali, sejalan dengan terbitnya Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019," kata Ketua TIM Relaksasi Gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi Sahli dilansir Antara, Jumat (14/8).

Terkait lokasi penertiban penggunaan masker tersebut masih sama dengan penertiban yang dilakukan sebelumnya. Hanya saja akan ada tim khusus yang bertugas di area publik seperti di Tugu Keris Siginjei.

Dia menjelaskan penegakan disiplin terhadap penerapan protokol kesehatan tersebut akan di lakukan dengan lebih ketat, dim ana kapolresta langsung bertindak sebagai koordinator pelaksana dan para kapolsek di wilayah masing-masing, sehingga penindakan akan dilakukan dengan lebih tegas.

Selain itu, sanksi administrasi tersebut sejalan dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2020 tentang pedoman teknis penyusunan peraturan kepala daerah dalam rangka penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di daerah.

"Di sisi lain, sosialisasi terkait protokol kesehatan juga terus dilakukan secara masif dengan melibatkan segenap potensi yang ada dan segenap komponen elemen masyarakat," kata Sahli.

Baca Selanjutnya: Wali Kota Jambi secara langsung...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami