Warga Jayapura Tak Pakai Masker Disanksi Pakai Jaket 'Orang Kepala Batu'

Warga Jayapura Tak Pakai Masker Disanksi Pakai Jaket 'Orang Kepala Batu'
PERISTIWA | 30 Juni 2020 13:43 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano (BTM) mengatakan penggunaan jaket oranye bertuliskan Orang Kepala Batu (OKB) merupakan sanksi sosial bagi mereka yang tak bermasker dalam penanganan Covid-19.

"Selain itu mereka juga diberikan sanksi membersihkan trotoar," kata BTM kepada ANTARA, di Jayapura, Selasa (30/6).

Dia mengatakan, pelaku usaha yang tidak menyiapkan alat pelindung diri (APD) bagi karyawannya dan alat mencuci tangan juga diberi sanksi.

Bagi pelaku usaha yang sebelumnya sudah diberikan teguran karena tidak menyiapkan berbagai sarana guna memutus mata rantai akan diberi sanksi berupa penutupan usaha.

1 dari 1 halaman

Dari hasil pemantauan di lapangan, kata BTM, kesadaran masyarakat menggunakan masker di Kota Jayapura saat ini terus meningkat.

"Mudah-mudahan kesadaran warga Kota Jayapura terus meningkat sehingga walaupun masuk zona merah, namun tingkat kesembuhan tinggi," ujar BTM.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Jayapura dr. Nyoman Antari mengatakan tingginya angka warga yang positif COVID-19 akibat pihaknya aktif melakukan pemeriksaan cepat atau rapid test. Dari hasil rapid test, kemudian dilanjutkan dengan tes usap (swab) bagi warga yang reaktif.

Warga Kota Jayapura yang positif Covid-19 saat ini tercatat 851 orang, dirawat 520 orang dan sembuh 321 orang serta meninggal 10 orang. (mdk/ray)

Baca juga:
25 Orang Tak Pakai Masker di Surabaya Dihukum Beri Makan ODGJ
Bagikan Masker, Risma Ingatkan Warga Sudah Banyak yang Meninggal Karena Corona
Gerakan Pakai Masker Sasar 277 Pasar Tradisional di Jabodetabek
Awal Pandemi, Penjualan Masker di Platform Online Meningkat 197 Kali Lipat
Unik, Koki Yordania Ciptakan Masker dari Kulit Terong

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5