Warga Karawang Langgar Protokol Kesehatan Disanksi Push Up, Pelajar Baca Pancasila

Warga Karawang Langgar Protokol Kesehatan Disanksi Push Up, Pelajar Baca Pancasila
PERISTIWA | 7 Agustus 2020 20:03 Reporter : Bram Salam

Merdeka.com - Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karawang menggelar operasi pengawasan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan di sejumlah titik dan ruas jalan yang dianggap masih banyak masyarakat melanggar protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Kepala Satpol PP Karawang Asep Wahyu mengatakan, operasi ini merupakan pengawasan dan kami sudah dan masih terus melaksanakan operasi dalam bentuk patroli penegakan Pergub yang sudah berjalan sejak Pergub tentang Pengenaan Sanksi Administrasi terhadap Pelanggaran Tertib Kesehatan dalam pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

"Tim gabungan sidang dan sedang berjalan mengimplementasikan Peraturan Gubernur Jabar mengenai sanksi administrasi dan sosial," kata Kasatpol PP Asep Wahyu, Jumat (7/8).

Kasatpol PP Karawang, menegaskan operasi sosial ini untuk menumbuh kembangkan kedisiplinan masyarakat pakai masker baik di kantor pelayanan publik dan fasilitas publik seperti di jalan raya masih ada yang melanggar .Bagi pelanggaran masyarakat yang tidak menggunakan masker di hukum sosial berupa push up. Selanjutnya dinasihati untuk selalu menggunakan masker saat aktivitas keluar rumah.

"Penerapan sanksi sosial berupa push up, untuk pelajar yang tidak gunakan masker sanksinya baca Pancasila," katanya.

Dia menegaskan saat ini hanya diberlakukan sanksi sosial dan hingga saat ini di Karawang tidak ada sanksi denda seperti yang sudah diterapkan kabupaten/kota lain. Pelanggaran masyarakat saat ini kebanyakan lupa memakai masker saat keluar rumah.

"Kita belum berlakukan sanksi denda seperti daerah lain, hanya sanksi sosial," tegasnya. (mdk/rhm)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami